Gedung Pusat Komunitas Unggulan, Untuk Siapa?

0
437
Penampakan bangunan Pusat Komunitas Unggulan (PKU) milik Universitas Padjadjaran di Kecamatan Jatinangor yang masih dalam proses pembangunan dan belum dapat digunakan hingga saat ini. (21/3). Fotografer: Zikra Sabila

Sebuah gedung baru bernama Pusat Komunitas Unggulan (PKU) Universitas Padjadjaran (Unpad) berdiri tegak di Jalan Raya Bandung – Sumedang, tepatnya di seberang pangkalan Bus Damri Jatinangor, Sumedang. Namun, hingga kini masih belum ada kejelasan mengenai fungsi gedung itu. Peruntukkannya pun masih menjadi tanda tanya.

Untuk mengetahui kejelasannya, reporter Warta Kema menemui Edward Henry, Sekretaris Direktorat Sarana Prasarana Unpad pada Senin, 23 Maret 2019. “Rencananya gedung itu akan digunakan sebagai wilayah komersial,” ujar Edward. Gedung PKU juga akan difungsikan sebagai kantor bank. “Sejauh ini, sudah ada beberapa bank yang menandatangani MoU untuk menggunakan lantai dasar gedung. Sementara untuk lantai dua, rencananya akan dibangun auditorium seminar seperti Bale Santika,” tambah Edward.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Ofiar Murwati. Ofiar menuturkan, sejauh ini memang sudah ada beberapa bank yang menandatangani kesepakatan kerja sama untuk menempati sebagian ruang dari gedung PKU. “Secara umum, Gedung Pusat Komunitas Unggulan menjadi wadah komunikasi atau kerja sama bagi Universitas Padjadjaran dengan mitra,” kata Ofiar.

Gedung PKU telah dibangun kurang lebih selama empat tahun. Pembangunan dimulai pada 2015 ketika Unpad masih berstatus sebagai Badan Layanan Umum (BLU). Pada 2016, status Unpad berubah menjadi Perguran Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang menyebabkan pihak kampus hanya mendapat masukan dana dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa. Perubahan status itu menyebabkan pembangunan sempat diberhentikan sementara pada 2017 hingga 2018. Pembangunan baru kembali dilanjutkan sejak awal 2019 hingga sekarang.

Para pekerja masih terlihat menyelesaikan bangunan yang mulai dibangun empat tahun lalu (21/3). Fotografer: Zikra Sabila

“Pembangunan gedung itu sudah selesai dari pihak sarana prasarana sendiri. Sekarang sedang tahap pemeliharan,” ujar Edward menjelaskan kondisi terkini Gedung PKU. Menurut Anton, salah seorang pekerja bangunan yang bertugas dalam proses pemeliharan gedung, tahap pemeliharan ini rencananya masih berlangsung sampai enam bulan ke depan.

Hingga saat ini, pihak Direktorat Sarana Prasarana belum bisa memastikan apakah ke depannya Gedung PKU bisa digunakan oleh mahasiswa Unpad atau tidak. Namun, dapat dipastikan gedung itu tidak akan difungsikan sebagai ruang sekretariat komunitas atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) . Tindakan ini diambil agar Gedung PKU tidak disalahgunakan oleh mahasiswa menjadi tempat berkumpul atau tempat singgah yang akan membuat gedung terlihat kumuh. Gedung PKU didirikan hanya untuk wadah kerja sama Unpad dengan pihak lain yang menjadi mitra, serta untuk kegiatan akademik yang diselenggarakan bersama dengan pihak luar, seperti seminar atau workshop.

Reporter: Alissa Waskita/Cantika Auliana

Editor: Hayfa Rosyadah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here