Kema Unpad Turut Meramaikan Aksi Nasional Indonesia Berduka

0
189
Mahasiswa Unpad memamerkan poster dalam Aksi Nasional Indonesia Berduka guna menuntut sikap pemerintah yang dianggap telah melecehkan demokrasi dan tidak lagi berpihak kepada rakyat (Foto: Dokumentasi WK)

JATINANGOR, Warta Kema – Lebih dari 800 mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) berkumpul di area parkir UKM Barat, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, pada Selasa (24/9) untuk mengikuti Aksi Nasional Indonesia Berduka. Aksi ini digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) guna menuntut sikap pemerintah yang dianggap telah melecehkan demokrasi dan tidak lagi berpihak kepada rakyat.

Yunita Fitriani, Koordinator Perempuan Aksi kali itu menyatakan, keluarga mahasiswa Unpad sudah seharusnya bergerak dan peduli terhadap situasi bangsa Indonesia saat ini. “Sekarang adalah momentumnya,” ujar Yunita. “Dari akumulasi isu-isu seperti kebakaran hutan dan lahan, RKUHP, revisi Undang-Undang KPK. Itu semua merupakan kompilasi isu-isu besar yang akan kita bawa pada aksi ke DPR hari ini,” tambahnya.

Kegiatan Aksi Nasional Indonesia Berduka dimulai dari titik kumpul di area parkir UKM Barat pada pukul 06.30 WIB. Lalu, para peserta aksi akan berangkat bersama-sama menuju DKI Jakarta, tepatnya menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk melakukan pengarahan teknis lapangan. Aksi mahasiswa baru dimulai pada pukul 14.00 WIB bertempat di Gedung DPR-RI dengan sikap:

  • Mengecam pengesahan Revisi Undang-Undang KPK dan berduka cita atas lumpuhnya KPK sebagai lembaga anti-rasuah di Indonesia
  • Mengecam pelecahan pemerintah dan parlemen terhadap suara dan aspirasi rakyat yang dianggap tidak lagi dibutuhkan
  • Mengecam pembahasan dan pengesahan UU yang dilakukan dengan tergesa-gesa, serta menuntut DPR dan pemerintah untuk menghasilkan produk legislasi dengan matang dan profesional
  • Menuntut pengesahan terhadap Revisi UU Permasyarakatan, RKUHP, dan Revisi UU Pertahanan untuk ditunda
  • Menyeru mahasiswa dan segenap sivitas akademika Universitas Padjadjaran agar bersama-sama mengawasai DPR dan pemerintah dalam pembahasan serta pengesahan RUU yang bermasalah

Ragkaian Aksi Nasional Indonesia Berduka akan diakhiri sekitar pukul 18.00 WIB. Lalu para peserta aksi akan kembali dipulangkan menuju Kampus Unpad Jatinangor pada pukul 19.30 WIB.

Aksi Nasional Indonesia Berduka. (Foto: dok WK)

Para peserta aksi kali ini memiliki alasan dan tujuannya masing-masing dalam mengikuti kegiatan ini. “Karena gua sih peduli,” ujar Fadil, mahasiswa Unpad angkatan 2018. “Kalau saya sendiri ingin menuntut ketidakadilan. Belum lagi, (kondisi) hukum sekarang itu semakin tidak jelas dan semakin mengerucut ke bawah,” ujar Nisma, mahasiswa Unpad angkatan 2017.

Yunita sebagai salah satu koordinator aksi berharap teman-teman mahasiswa tidak hanya menjadi yang terdepan dalam bangku kuliah, tetapi juga terdepan dalam menyuarakan kebenaran. “Mahasiswa itu sudah sejatinya menjadi insan yang berpikir, berhasrat, dan bergerak,” pungkas Yunita.

Penulis: Allisa Salsabilla Waskita & Chantika Auliana

Editor: Lia Elita/Hayfa R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here