Jawaban Atas Kekosongan Asrama Baru Universitas Padjadjaran

0
106
Asrama Bale Wilasa 19 atau lebih dikenal sebagai Asrama PUPR yang terletak di depan Fakultas Ilmu Budaya masih belum terisi oleh mahasiswa

JATINANGORWARTA KEMA – Awal Februari lalu, menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meresmikan asrama PUPR. Asrama baru yang terletak di depan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran tersebut wacananya akan dinamakan Bale Wilasa 19. Pembangunan asrama berhasil dirampungkan akhir tahun lalu, kurang lebih satu tahun setelah peletakan batu pertama.

Meskipun pembangunan asrama sudah tuntas seratus persen, hingga kini belum ada kepastian siapa penghuni tetap yang akan menempati asrama baru tersebut. Menurut koordinator asrama Universitas Padjadjaran, Hanhan Sutrisna, kemungkinan besar asrama PUPR akan disewakan kepada mahasiswa Universitas Padjadjaran.

 “Memang untuk bidik misi sudah ter-cover yang tiga wilasa, apakah peruntukannya nanti disewakan? Ya silakan saja bagaimana kebijakan pimpinan, Ini masih belum ada security, OB juga baru datang kemarin-kemarin,” tutur Hanhan saat ditemui di kantor asrama baru Senin (24/2).

“Kadang-kadang ada tamu dari Pangandaran, Garut atau tamu-tamu dari luar yang kapasitasnya banyak kita tampung disini. Nah, masalah nanti penempatan gitu sudah disampaikan ke pimpinan, secara infrastruktur juga masih belum lengkap contoh masih belum ada gorden, kita juga sedang mengajukan mudah-mudahan  beberapa bulan ke depan terealisasi, seprai juga kan sebagian, jadi kalau selama ini kosong engga juga sih karna kita juga dalam masa pemeliharaan,” jawab Hanhan saat ditanya mengenai kekosongan asrama PUPR. Selain itu, Hanhan Sutrisna berencana untuk mempekerjakan orang lain untuk menjadi koordinator setiap asrama khususnya asrama baru Unpad ini.

Tampak dalam asrama ( 1 )

Asrama PUPR sendiri memiliki 4 lantai yang memiliki 50 kamar dan berkapasitas 196 orang. Terdapat 11 kamar terletak di lantai 1 dan 13 kamar di masing-masing lantai 2 sampai 4. Satu kamar mampu menampung 4 orang. Kamar-kamar tersebut memiliki fasilitas berupa kasur tingkat, meja, dan lemari untuk masing-masing orang. Masing-masing lantai di asrama memiliki kamar mandi sendiri. Lantai 1 tidak hanya dipakai untuk ruang kamar, tapi juga dipakai untuk ruang kantor dan ruang tamu.

Tampak dalam asrama ( 2 )

Uniknya, asrama PUPR ini juga diperuntukan bagi kawan disabilitas. Asrama menyiapkan dua kamar khusus untuk kawan disabilitas di lantai 1. Yang menjadi perbedaan antara kamar khusus disabilitas dan bukan yaitu kamar khusus disabilitas hanya berkapasitas dua orang dan adanya kamar mandi di dalam kamar. Kegiatan penjagaan keamanan pun sudah terlihat di asrama ini dengan adanya CCTV di ruang kantor walaupun belum ada petugas keamanan yang berjaga.

Reporter : Disma Alfinisa
Editor : Karina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here