What To Do In April ? 30 Hal Yang Bisa Dirayakan di April [ part 1 ]

0
55
Ilustrasi Bulan April (sumber : pinterest.com)

Halo Sobat Warta, gimana nih masa self-quarantine di rumah sejauh ini? Apakah kamu mulai bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja? Tapi ya mau bagaimana lagi, kita sudah semestinya mematuhi himbauan pemerintah untuk mengurangi segala aktivitas di ruang publik atau yang melibatkan banyak orang. Tujuannya mulia kok, apalagi kalau bukan demi memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sangat bandel ini.

Tagline #stayathome atau #dirumahaja pastinya sudah menjadi asupan sehari-hari kita nih. Memasuki hari karantina ke-27, pasti rasa bosan sudah memuncak kan. Bagi kamu yang merasa bosan, dan belum menemukan aktivitas yang pas untuk dilakukan , kita lihat yuk berbagai perayaan di bulan April yang bisa dilakukan untuk membuat self-quarantine ­kita lebih bewarna!

1 April : April Fool’s Day
Ilustrasi April Fool’s Day (sumber : reddit.com)

Seperti biasa, April Fool’s Day atau April Mop jatuh pada hari pertama di bulan April, hari ini ditandai dengan aksi tipu-menipu atau memberikan candaan kepada orang lain, sehingga kita dapat memulai bulan ini dengan beberapa candaan ringan yang dapat dilontarkan ke sahabat dan keluarga.

April Fool’s Day atau dikenal sebagai “All Fools Day”, telah dirayakan selama berabad-abad di berbagai penjuru dunia. Sayangnya, sejarah April Fool’s Day ini masih simpang siur karena terdapat begitu banyak versi terkait asal usul perayaan ini. Satu hal yang pasti, perayaan ini masih populer hingga kini. Apakah kamu ikut merayakannya?

2 April : Peanut Butter & Jelly Day
Roti panggang dengan selai kacang dan jeli digemari oleh banyak orang (sumber : genius.com)

Familiar dengan menu makanan ini? Ya, selai kacang dan jeli merupakan sebuah kolaborasi ciamik yang digemari oleh berbagai kalangan. Maka tidak heran camilan yang menghasilkan perpaduan manis dan gurih ini mendapatkan hari perayaannya sendiri, setiap tanggal 2 April.

Asal usul hari perayaan ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi seorang penulis bernama Boston Julia Davis Chandler adalah yang pertama kali memperkenalkan istilah peanut butter & jelly ini ke seluruh dunia. Jadi, tidak ada salahnya kan memulai 2 April dengan peanut butter & jelly yang dibubuhkan di atas roti sebagai sarapan.

3 April : National Chocolate Mousse Day
Chocolate Mousse Cake yang berasal dari Peranciis (sumber : pinterest.ca)

3 April dirayakan sebagai Hari Cokelat Mousse Nasional, untuk merayakan hidangan penutup yang berasal dari Perancis ini. Penduduk Perancis mulai mengembangkan cokelat yang dapat dimakan sekitar tahun 1650, dan sekitar seabad kemudian mereka mulai menerbitkan resep cokelat dengan teknik unik, yaitu “mousse“.

Setelahnya National Chocolate Mousse Day merupakan perayaan tahunan yang tak akan dilewatkan. Cokelat mousse tentunya bisa menjadi makanan penutup yang pas untuk menutup 3 April, bukan?

4 April : School Librarian Day
Hari Pustakawan Sekolah Nasional dirayakan pada 4 April di Amerika Serikat (sumber : reddit.com)

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, tanggal 4 April dirayakan sebagai Hari Pustakawan Sekolah Nasional. Gunanya adalah untuk menghormati para pustakawan yang senantiasa melayani pengunjungnya di perpustakaan setempat. Membaca kembali buku-buku atau referensi pembelajaran lainnya, dapat menjadi bentuk penghargaan kita terhadap para pustakawan. Salah satu hari perayaan yang keren dan penuh makna bukan?

5 April : National Caramel Day
Karamel meruakan kudapan lezat yang telah ada sejak abad ke-18 (sumber : thewhoot.com)

Siapa yang tak kenal karamel? Camilan manis dari gula yang kerap kali dijumpai pada masa kecil ini ternyata memiliki harinya tersendiri pada tanggal 5 April. Asal usul perayaan ini juga masih simpang siur, namun yang pasti karamel sendiri sudah ada sejak abad ke-18.

Karamel dibentuk dengan memanaskan gula hingga molekul terurai membentuk senyawa baru , atau sering disebut dengan”karamelisasi.” Melihat proses pembuatannya yang mudah untuk dibuat, tidak ada salahnya untuk mecoba membuat karamel sebagai camilan! Ya biar enggak terlalu bosan aja sih hihihi.

6 April : Sorry Charlie Day
Ilustrasi Sorry Charlie Day (sumber : pinterest.es)

Pernahkah kamu ditolak? Atau merasa dicampakkan? Tentu saja kita semua pernah merasakannya. Sorry Charlie Day adalah hari untuk kita semua yang pernah merasakan penolakkan, namun berhasil bangkit dari keterpurukan itu. Wah, maknanya keren banget kan?

Di hari ini , kita bisa meluangkan waktu sebentar dan merenungkan kekesalan ataupun perasaan-perasaan dari masa lalu. Dan kemudian, dapat merefleksikannya dan mejadikannya sebagai suatu alasan untuk tersenyum di hari ini, karena seberapa buruk keadaanya dulu, kita telah berhasil melewatinya. Buat kamu yang tengah berada di titik terendah, yuk mari coba rayakan Sorry Charlie Day ini.

7 April : National World Health Day
Ilustrasi National World Health Day (sumber : futurenews.tv)

Perayaan hari besar ini disponsori oleh PBB, 7 April diperingati sebagai National World Health Day dengan didirikannya  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1948. National World Health Day adalah acara internasional yang berfokus pada masalah kesehatan,dengan tema berbeda setiap tahunnya.

Berbagai negara di  penjuru dunia bahkan turut berpartisipasi dalam perayaan ini, dengan fokus utama pada, kesadaran, program pendidikan, dan kegiatan penggalangan dana untuk membantu masalah kesehatan di dunia. Kita bisa ikut merayakan hari ini, dengan terus menjaga kesehatan kita, dan menerapkan pola hidup sehat setiap harinya. Cocok banget dengan keadaan sekarang dimana kita harus memperhatikan kesehatan kita.

8 April : Zoo Lovers Day
Kebun binatang merupakan tempat yang menyenangkan untuk didatangi bersama keluarga (sumber :traveltriangle.com)

Kamu suka melancong ke Kebun Binatang? Bagi kamu yang belum tahu, tepat pada 8 April diperingati sebagai Hari Pecinta Kebun Binatang. Sedikit fakta, bahwasanya kebun binatang telah ada sejak ribuan tahun lalu tepatnya pada 1500 SM. Sebelum dikenal dengan sebutan “zoo”, kebun binatang terlebih dahulu disebut dengan “menagerie“.

Biasanya, orang-orang akan berdatangan mengunjungi kebun binatang untuk merayakan hari yang keren ini. Namun karena kini tengah dilanda pandemi, cara terbaik untuk merayakannya adalah dengan selalu menjaga dan turut serta melindungi binatang yang ada di sekitar kita, atau kita juga bisa ikut berdonasi guna mendukung kebun binatang setempat. Bermanfaat bukan?

9 April : Cherish an Antique Day
Ilustrasi barang antik (sumber : pinterest.com)

Lupakan pepatah “Tinggalkan yang lama dan pergi dengan yang baru”. Kalau kamu belum tahu, 9 April merupakan Cherish an Antique Day. Pada hari ini dimaksudkan supaya kita dapat kembali mengenang barang-barang antik yang selalu menjadi bagian dari hidup kita, namun kini sudah terlupakan dan hanya bertengger di dalam lemari.

Luangkan waktu sejenak, untuk setidaknya melihat pusaka lama, dan memolesnya kembali sehingga terlihat tak kalah cantik dengan barang-barang baru. Ketika tengah karantina seperti ini, dari pada bingung dan bengong lebih baik bernostalgia dengan barang-barang lama! Siapa tahu, kamu jadi rindu sesuatu hal yang telah lalu.

10 April : National Siblings Day
Hari Nasional untuk Saudara dirayakan pada 10 April di Amerika Serikat (sumber : greatergood.berkeley.edu)

Hari Nasional untuk Saudara? Memang ada? Ada dong!Meski terkadang saudara memang menyebalkan, tetapi hanya mereka yang tidak pernah benar-benar pergi bahkan saat kita telah mengusirnya berkali-kali. Entah karena memang jahil atau bagaimana, terkadang mereka juga menjadi sumber kebahagiaan kita kan.

Oleh karena itu, 10 April akan selalu diperingati sebagai National Siblings Day , dipelopori oleh Claudia Evart pada tahun 1995, sebagai bentuk penghormatannya atas hilangnya kedua saudara kandungnya. Jadi, mari luangkan waktu di hari ini untuk sekadar berkumpul dengan saudara kita, dan kembali mengenang saat-saat kebersamaan. Karena segala penyesalan akan datang di akhir, jangan sampai menyesal ya!

Hari-hari keren di bulan keempat hanya berlangsung hingga tanggal 10 saja nih? Jelas enggak dong! Warta Kema akan memberikan pengetahuan lanjutan mengenai hari-hari keren di bulan April dalam artikel berikutnya. Penasaran? Tunggu artikel selanjutnya ya!

Penulis                   : Echa Carrisima
Penyunting                : Karina Rahma 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here