What To Do In April? 30 Hal yang Bisa Dirayakan Bulan April (part II)

0
86
Ilustrasi Bulan April (sumber : freepik.es)

Halo Sobat Warta, di self-quarantine ini apakah kamu masih merasa bosan? Apakah kamu butuh referensi kegiatan yang enggak itu-itu aja? Kamu bisa banget cek Artikel Warta Kema mengenai 30 Hal yang bisa di rayakan di bulan April Part I kemarin. Tetapi kalau artikel kemarin masih belum bisa mengobati rasa bosanmu, kami punya 30 Hal yang bisa dirayakan di bulan April part II.

Menjelang pertengahan bulan ini, kami kembali memberikan referensi kegiatan-kegiatan seru yang bisa kamu rayakan. Loh kok bisa? Karena kami memberikan referensi perayaan hari-hari besar dari berbagai negara. Dikemas spesial untuk menemani kamu yang lagi menjalankan tugas negara untuk #stayathome atau #dirumahaja. Lalu, apa saja sih kegiatan-kegiatan yang bisa dirayakan tersebut?

11 April : National Pet Day
Ilustrasi Hewan Peliharaan (sumber : bestpets.co)

Mulai dari ikan mas dalam kotak kaca yang memperhatikan gerak-gerikmu, hingga hewan-hewan lucu berkaki empat yang mengikuti kamu kemanapun kamu pergi. Hewan peliharaanmu selalu ada dan memberikan rasa cinta setiap saat. Tak bisa dipungkiri meski mereka kerap membuat onar, kita tetap menyayanginya dan menganggap mereka bagian dari keluarga bukan?

Hal inilah yang menyebabkan Colleen Paige, seorang pendukung kesejahteraan hewan dan pakar gaya hidup dari Amerika menetapkan 11 April sebagai National Pet Day disana. Kegiatan ini resmi dilakukan sejak 2006 silam loh. Di hari ini, kamu bisa memberikan perhatian dan cinta yang lebih untuk peliharaanmu. Mungkin kalau kamu lupa tanggal lahir mereka, kamu bisa sekalian merayakannya di tanggal 11 April ini!

12 April : Grilled Cheese Sandwich Day
Roti panggang dengan keju merupakan salah satu santapan lezat bagi penikmat keju (sumber : medium.com)

Setelah selai kacang dan jelly mendapatkan hari spesialnya pada tanggal 2 April lalu, kini giliran sandwich dengan isian keju panggang yang hadir di Amerika sejak tahun 1960-an ini yang mendapat apresiasinya tersendiri. Pada awalnya, menu ini merupakan menu yang luar biasa di sana dan menyebar ke berbagai penjuru dunia karena rasanya yang nikmat.

Di Indonesia, varian roti isi ini cukup mudah untuk dijumpai karena cara pembuatannya yang sederhana. Kamu tinggal memanggang sepotong keju dan meletakannya di atas selembar roti tawar dan kembali memanggangnya dengan mentega. Bila kamu belum mencoba rasanya yang gurih, tak ada salahnya untuk kamu coba saat ini!

13 April : International Plant Appreciation Day
Ilustrasi tanaman gantung (sumber : pinterest.com)

Pada tanggal 13 April ini, tanaman memiliki hari istimewanya tersendiri dalam International Plant Appreciation Day. Seperti artinya yaitu Hari Penghargaan Tanaman Sedunia, di hari ini kita bisa menghargai keberadaan tanaman yang terkadang terlihat sepele bagi kita. Kita bisa mengisi perayaan ini dengan berkebun, menyiram bunga, mengisi pot-pot yang telah kosong. Setidaknya melakukan berbagai hal untuk mendedikasikan diri terhadap tanaman.

Sayangnya, asal usul perayaan ini tidak diketahui secara pasti. Namun perayaan ini telah dilaksanakan oleh penduduk dunia sejak awal tahun 2000-an. Lalu setelahnya, 13 April tidak pernah luput dari segala hal yang berbau tanaman. Unik bukan?

14 April : International Moment of Laughter Day
Dalam International Moment of Laughter Day kamu harus bahagia (sumber : illnessorwellness.com)

Pada hari ini kamu harus seperti judul lagu Yura Yunita, ya kamu harus bahagia!
International Moment of Laughter Day merupakan hari yang diperingati untuk membuat orang tertawa dan merasa bahagia. Poin pentingnya ialah membuat orang tertawa dan memberikan orang lain kebahagiaan. Untuk merayakan hari ini, kamu bisa melemparkan lelucon atau melakukan hal-hal lucu dan menghibur orang lain.

Seorang humorolog bernama Izzy Gesell menciptakan hari ini untuk mendorong orang-orang agar bisa tertawa. Caranya mudah, kamu bisa menelpon atau memberi pesan kepada orang-orang terdekat dan memberikan candaan lucu. Jadilah alasan seseorang untuk tertawa di hari ini, sekalian menjadi sarana pelepas rindu.

15 April : World Art Day
Pameran karya Leonardo da Vinci di Museum Louvre, Paris (sumber : www.louvre.pr)

World Art Day atau Hari Perayaan untuk Seni Rupa ini dipelopori oleh Asosiasi Seni Internasional (AAI) pada 2011 silam, bertempat di Majelis Umum Asosiasi Seni Internasional yang terletak di Guadalajara, Meksiko. Tanggal 15 April dipilih karena bertepatan dengan hari ulang tahun seniman ternama, Leonardo Da Vinci.

Tujuannya untuk menghargai seni secara umum dan menyebarkan antusiasme akan seni di seluruh dunia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merayakan hari ini dengan cara melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan seni rupa. Kamu bisa menggambar, mewarnai, hingga berdonasi untuk membantu seniman lokal. Kamu juga bisa mengunjungi museum yang memiliki fitur Virtual Tour juga pastinya!

16 April : National Stress Awareness Day
Mendengarkan musik merupakan salah satu cara untuk mengatasi stress (sumber : pinterest.com)

Apakah berbagai kegiatan daring ini memberikan tekanan yang berlebih bagi kamu? Mulai dari tugas yang menumpuk, pekerjaan yang menumpuk, hingga deadline yang semakin mepet tentunya dapat membuat kita merasakan stress tersendiri.

National Stress Awareness Day sendiri dipelopori oleh Health Resource Network, tepatknya pada tahun 1992. Tujuannya guna meningkatkan kesadaran publik tentang penyebab dan penyembuhan stress. Jadi, pada hari ini kamu bisa meluangkan waktumu. Kalau kata Kuntoaji, kamu harus Rehat.

17 April : Pet Owners Independence Day
Pemilik hewan peliharaan dan peliharaannya (sumber : numerator.com)

Bila tanggal 11 April dibuat untuk hewan peliharaan, maka 17 April merupakan hari yang dibuat spesial untuk siapapun yang memiliki hewan peliharaan! Alasannya memang masih belum pasti karena informasi daring kurang lengkap. Namun satu hal yang pasti, hari ini tak dibuat agar kamu dan hewan peliharaanmu tidak saling iri akan tanggalnya masing-masing loh ya! Dipopulerkan oleh Ruth dan Thomas Roy selaku pemilik bisnis WellCat, hari ini mulai dirayakan sejak tahun 2002.

Lakukan lebih banyak hal dengan hewan peliharaan kita, ajak ia bermain, atau jika memungkin pergilah jalan sore dengan mereka.Intinya lakukan hal-hal yang bisa membuat kita dan hewan peliharaan senang.

18 April : National Columnists Day
Ilustrasi koran (sumber : digitechnews.net)

Apakah kamu familiar dengan istilah kolumnis? Kolumnis ialah orang yang secara tetap menulis artikel dalam surat kabar atau majalah. Hari ini didedikasikan untuk meningkatkan kesaaran masyarakat akan pentingnya kontribusi yang dibuat oleh para kolumnis dan jurnalis di seluruh dunia.

Kegiatan yang dipelopori oleh the National Society of Newspaper Columnist, Amerika Serikat ini digunakan juga sebagai ajang mengenang kolumnis-kolumnis hebat. Kamu bisa turut mengapresiasinya dengan cara membaca surat kabar, atau cari tahu berita apa saja yang terjadi di sekitar kita lewat artikel yang ada di koran dan majalah.

19 April : National Garlic Day
Bawang putih merupakan bumbu dapur sebaguna (sumber : dailymotion.com)

Bawang putih? Bumbu dapur untuk mengusir vampir? Ya ya bisa jadi! Sama halnya seperti garam dan bumbu dapur lainnya, jenis bawang ini berada di antara bahan favorit untuk menambah cita rasa dalam hidangan.

Cukup unik memang mengingat ada sebuah hari yang dibuat khusus untuk mendedikasikan eksistensi dari ‘mawar bau’ dari dapur ini dalam sejarah. Apakah kamu mau ikut merayakannya? Kamu tak perlu memakan bawang ini secara mentah, kamu bisa membuat hidangan dengan bawang putih sebagai pelengkapnya. Mudah kan?

20 April : Volunteer Recognition Day
Ilustrasi volunteer (sumber : eventbrite.com)

Volunteer Recognition Day diperingati untuk menghormati sukarelawan-sukarelawan hebat yang mendedikasikan diri mereka untuk dan membantu orang lain. Para sukarelawan tentunya telah memberikan begitu banyak kontribusi dan perubahan dalam kehidupan jutaan orang di seluruh dunia.

 Terutama di masa pandemi seperti ini, relawan menjadi garda terdepan yang siap bekerja tanpa perlu pengakuan, hanya membantu tanpa perlu diberi, setidaknya itulah semboyan mereka.  Jadi, tidak ada salahnya bukan, untuk kita turut memperingati hari ini, dengan menghargai jasa para sukarelawan. Setidaknya, kita bisa ikut membantu mereka dengan berdonasi.

Jadi, apakah kamu mau turut mencoba merayakan perayaan hari-hari di atas? Selain menambah pengetahuan, berbagai perayaan di atas bisa membuat kamu melakukan berbagai hal-hal positif agar kuliah daringmu enggak gitu-gitu aja. Penasaran? Coba! Enggak punya teman untuk merayakan? Ajaklah temanmu agar hari-harimu semakin seruu! Tunggu edisi What To Do in April selanjutnya dari Warta Kema ya!

Penulis : Echa Carissima
Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here