What To Do In April? 30 Hal yang Bisa Dirayakan di Bulan April (part III)

0
91

ilustrasi bulan April (sumber : pinterest.co.id)

Halo Sobat Warta, apa kabar? Apakah kamu mulai jenuh dengan self-quarantine kamu? Atau bahkan, wilayahmu sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)? Duh, kamu pasti sangat bosan dan mulai jenuh apalagi baru melewati pekan UTS yang super duper hectic! Tahan ya, demi kebaikan kita bersama kok. Untuk membantu menghilangkan sedikit kejenuhanmu, Warta Kema hadir lagi dengan 30 hal yang bisa dirayakan di bulan April part III. Ssst, jangan lupa baca part I dan II ya!

Akhirnya kita akan segera tiba di penghujung bulan April! Wow, enggak kerasa ya? Bahkan bagi masyarakat muslim, sebentar kita akan menyambut bulan Ramadhan. Sebelum berpisah dengan bulan ini, Warta Kema akan memberikan kamu referensi perayaan hari-hari besar dari berbagai penjuru dunia lagi! Sebenarnya, ada perayaan apa aja sih?

21 April : Kindergarten Day

Siswa taman kanak-kanak (sumber : starschildcaregroup.co.uk)

Ya, ini adalah hari taman kanak-kanak! Hari ini dirayakan untuk menghormati Friedrich Froebel, pelopor pertama dari sekolah dengan konsep taman kanak-kanak (TK). Hari ini mulai dirayakan sejak tahun 1837 silam di Jerman. Setelahnya, konsep TK mernaju populer dan berkembang di seluruh dunia.

Pada awalnya, Tk dibuat untuk membuat anak terbiasa dengan proses pembelajaran, interaksi sosial, dan sekolah. Kegiatannya dikemas dengan cara yang menyenangkan namun tetap mendidik. Jadi, apakah kamu mulai merindukan masa TK? Atau bahkan kamu sudah lupa siapa saja temanmu di bangku TK? Hari ini merupakan hari yang tepat untuk bernostalgia dengan bangku taman kanak-kanak yang menyenangkan!

22 April : Earth Day

Ilustrasi Earth Day (sumber : kompasiana.com)

Kamu pasti sudah pernah beberapa kali mendengar mengenai hari ini. Hari bumi ini mulanya dilaksanakan sejak tahun 1970 oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson. Ia menyuarakan gerakan untuk menjaga bumi dengan usulan nama Earth Day.

Pada hari tersebut, sekitar 20 juta warga Amerika turun ke jalan untuk mendukung lingkungan dan memprotes praktik kegiatan yang membahayakan lingkungan. Upaya ini dilakukan untuk memberikan kesadaran bahwa bumi memiliki sumber daya yang terbatas. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi kita untuk menjaganya.

Untuk turut berpartisipasi dalam perayaan hari ini, kita bisa mempelajari berbagai hal yang menarik dari bumi kita. Tentunya kita harus melakukan hal-hal positif yang dapat menjaga bumi. Memang perayaan resminya hanya sehari dalam setahun, tapi tak ada salahnya apabila kita mengimplementasikannya setiap hari. Karena memang sudah saatnya kita melindungi bumi setiap harinya.

23 April : Lover’s Day

Ilustrasi Lover’s Day (sumber : Flipboard.com)

Mungkin hari penuh cinta yang diketahui masyarakat luas adalah pada tanggal 14 Februari. Namun selain Februari, nyatanya April juga memiliki hari kasih sayang yang juga tak boleh dilewatkan! Apa sebelumnya kamu belum tahu? Sekarang sudah tau hihi! Tentunya pada hari ini kita dapat mengekspresikan rasa cinta.

Jadi, apa yang harus kita lakukan hari ini? Sebagai permulaan, kamu bisa mengungkapkan rasa cinta kepada orang-orang yang paling kamu sayangi. Bisa itu orang tua, keluarga, sahabat, atau mungkin pacar (bagi kamu yang punya he he he). Intinya, habiskan hari ini dengan penuh cinta dan kasih sayang!

24 April : Arbor Day

Ilustrasi Arbor Day (sumber : linkedin.com)

Arbor Day adalah hari penanaman pohon sedunia dan mulai dirayakan sejak tahun 1872 di daerah Nebraska. Seperti namanya, hari ini didedikasikan untuk menanam pohon guna membantu alam dan lingkungan.

Di berbagai penjuru dunia, biasanya pada hari ini orang-orang akan berbondong-bondong menanam jutaan pohon. Bahkan, kerennya diperkirakan ada sekitar 18 juta pohon yang ditanam setiap tahunnya hanya dalam hari ini. Karena sekarang harus #diRumahAja, kita dapat merayakannya dengan membeli bibit pohon secara daring dan menanamnya di pekarangan rumah! Namun kalau kamu tak memiliki pekarangan rumah, kamu dapat membantu dengan cara tetap menyayangi pohon di sekitarmu ya!

25 April : World Penguin Day

Keluarga Pinguin di Antartika (sumber : reddit.com)

Serius ada hari pinguin sedunia? Serius ada! Pencetusnya adalah Gerry Wallace dari California. Tepatnya sejak tahun 1972, ia mulai menuliskan hari pinguin ini sebagai agenda wajib di kalender istrinya untuk mereka rayakan setiap tahunya. Awal yang sangat random bukan? Sejak saat itu, pasangan ini murat merayakan hari ini pada setiap tahun. Lalu, entah mengapa popularitasnya secara bertahap mulai menyebar ke seluruh dunia. Kerennya, pada tanggal ini juga penguin Adelie mulai migrasi ke Antartika.

Karena tengah pandemi, untuk merayakan hari penguin ini kamu enggak perlu jauh-jauh ke antartika. Kamu bisa merayakannya dengan cara mempelajari lebih banyak tentang penguin, mengisi wajtu dengan menonton kartun tentang penguin, bahkan bisa banget untuk berdonasi demi kelangsungan hidup penguin yaa!

26 April : National Pretzel Day

Kue Pretzel yang berasal dari Eropa (sumber : pinterest.co.uk)

Kue berbentuk simpul dari dataran Eropa yang terkenal dengan rasanya yang enak ini memiliki hari istimewanya sendiri di Amerika Serikat. National Pretzel Day dimulai sejak tahun 2003. Pada saat itu, Ed Rendell selaku Gubernur Pennsylvania mendeklarasikan tanggal 26 April sebagai hari untuk mengakui pentingnya pretzel bagi sejarah dan ekonomi negara. Waw unik sekali!

Bagi kamu yang penasaran tentang rasa dari pretzel, kamu bisa banget membeli pretzel secara daring atau mencoba membuatnya sendiri. Tak ada salahnya kan mencoba membuat makanan baru agar harimu tak membosankan! Lalu jadikan pretzel sebagai camilan yang paling tepat untuk menemanimu menonton tv bersama keluarga.

27 April : Tell a Story Day

Tell a Story Day merupakan hari yang tepat untuk mencerikatan sebuah kisah (sumber : daysoftheyear.com)

Tell a Story Day merupakan hari bercerita di seluruh dunia. Terdapat dua versi perayaan yaitu pada bulan April dan bulan Oktober. Uniknya, pada kedua bulan tersebut terjadi di tanggal yang sama yaitu tanggal 27.

Di hari ini, merupakan hari yang tepat untuk bercerita. Kita dapat menceritakan berbagai kisah yang kita ketahui kepada orang-orang terdekat. Ohiya, tak hanya terbatas pada kisah-kisa fiksi ataupu dongeng, kita bahkan bisa menceritakan pengalaman kita sendiri!

28 April : International Astronomy Day

Hari Astronomi Internasional merupakan salah satu hari yang tepat untuk mengamati bintang di langit (sumber : dreamstime.com)

Hari Astronomi Internasional ini digagas oleh Doug Berger, presiden Asosiaso Astronomi California Utara pada tahun 1973. Alasan utamanya ialah untuk mempromosikan pendidikan yang lebih besar dan pemahaman mengenai keajaiban alam semesta.

Mumpung lagi berdiam diri di rumah aja dan tingkat polusi sedang berada di tingkat yang tak begitu parah, biasanya bintang-bintang di langit malam bisa kamu lihat dengan jelas. Cocok sekali dilakukan saat International Astronomy Day! Berdoa saja supaya enggak hujan ya hihihi

29 April : Greenery Day

Greenery Day berasal dari Jepang (sumber : pixabay.com)

Greenery Day atau Hari Penghijauan mulanya berlangsung di Jepang dalam rangka merayakan ulang tahun Kaisar Jepang Hirohito. Di budaya Jepang sendiri, Greenery Day dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan alam dan mensyukuri juga menghargai kelimpahannya.

Untuk turut merayakan Greenery Day ini, kita dapat mensyukuri keindahan alam di sekitar kita dengan cara menghargai keberadaan dari alam. Hirup udara segar di pagi hari sembari berjemur juga bisa banget kok.

30 April : National Honesty Day

Pinokio (sumber : galamedianews.com)

National Honesty Day sendiri diciptakan oleh M. Hirsh Goldberg, ia merupakan mantan sekretaris pers untuk gubernur Maryland. Pada awal 1990-an, Goldberg menciptakan hari ini karena pada awal bulan April dimulai dengan hari besar kebohongan (April Fools Day), maka bulan April harus ditutup dengan catatan moral yang lebih tinggi yaitu National Honesty Day. Filosofinya keren banget kan?

National Honesty Day mengingatkan kita untuk melakukan kejujuran setiap harinya, karena kejujuran adalah kebajikan yang besar. Jika kita ingin orang-orang mempercayai kita, maka kita harus menjadi pribadi yang senantiasa menjunjung tinggi kejujuran!

Nah, itulah 30 perayaan yang terjadi setiap harinya di bulan April, sobat warta! Bagaimana? Sekarang pengetahuanmu jadi lebih bertambah bukan? Mumpung lagi di rumah aja, yuk rayakan beberapa hari tersebut sebagai sarana pelepas penat dari kesibukan kuliah daring! Ingat ya sobat warta, di rumah aja!

Penulis : Echa Carissima

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here