Yuk Tengok Kampanye-Kampanye Unik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Ini

0
74
Logo kampanye dari Mahasiswa Jurnalistik Unpad (foto : Instagram/@ceritakarantinakita, @teman_ojol, @checkforshare)

Logo kampanye dari Mahasiswa Jurnalistik Unpad (foto : Instagram/@ceritakarantinakita, @teman_ojol, @checkforshare)

Selama masa pandemi ini, ruang gerak menjadi sangat terbatas karena tuntutan untuk tetap berada di rumah. Penyesuaian mesti dilakukan terhadap setiap aktivitas yang berpotensi membuat  keramaian guna memutus penyebaran virus corona. Walau intensitas interaksi dan gerak jadi berkurang, tidak serta merta membuat kreativitas anak-anak muda kendor.

Salah satu contohnya yaitu yang dilakukan mahasiswa-mahasiswa Jurnalistik Unpad dalam suatu project bersama. Dalam project itu, mereka menginisiasi sejumlah kampanye unik dalam rangka menghadapi pandemi ini.

Nah, berikut beberapa kampanye mereka yang sudah kami rangkum di bawah ini, yuk disimak!

  1. Cerita Karantina Kita
Foto : Instagram.com/@ceritakarantinakita

Salah satu kampanye yang dilakukan tertuang dalam tagar #ceritakarantinakita. Fokus utama kampanye ini adalah mengajak khalayak untuk bercerita mengenai karantina yang dilakukan selama masa wabah ini. Cerita yang dikirimkan melalui direct message Instagram atau Twitter ini nantinya akan diunggah di akun instagram @ceritakarantinakita dan bisa dibaca secara luas.

 Selain cerita, @ceritakarantinakita juga mencakup informasi-informasi terkini terkait Covid-19 seperti update jumlah kasus positif,sembuh, dan meninggal yang dirilis setiap harinya.

Fishya, salah seorang inisiator kampanye #ceritakarantinakita, berharap lewat kampanye ini, ia dan kawan-kawan bisa memberikan wadah kepada mereka yang ingin bercerita untuk sekadar menghilangkan rasa bosan ketika berdiam diri di rumah.

“Kami pikir juga menarik untuk mengetahui berbagai cerita dari khalayak mengenai cerita karantina mereka masing-masing sehingga bisa saling menginspirasi dan memotivasi untuk mengerjakan hal-hal produktif di rumah,” ujar Fishya pada Minggu (26/04/2020) lalu.

Selama menjalankan kampanye ini, Fishya dan kawan-kawan mendapat sejumlah cerita unik dari setiap pengirim. Ada yang hanya mengirimkan foto sewaktu di rumah tanpa mengirimkan menuliskan apa-apa, ada yang curhat panjang lebar, ada juga yang menyampaikan cerita tetapi tidak ingin namanya dipublikasikan.

  1. Teman Ojol
Foto : Instagram.com/@teman_ojol

Kampanye unik lainnya dilakukan oleh ‘Teman Ojol’. Berbeda dari #ceritakarantinakita, segmentasi kampanye ini lebih menyasar kepada para driver ojek online.

Menurut Alwin, salah seorang penggerak kampanye ini, dibuatnya Teman Ojol ini dipicu oleh rasa simpati terhadap driver ojol yang harus tetap bekerja di tengah pandemi demi memperoleh penghasilan. Karena pekerjaan mereka yang mengharuskan keluar rumah, resiko untuk terpapar Covid-19 pun lebih besar dibandingkan mereka yang bisa bekerja dari rumah. Konten-konten yang terkandung dalam Teman Ojol diharapkan bisa memberi edukasi dan pelayanan terhadap driver ojek online.

Kampanye ini dilancarkan Alwin dan kawan-kawan melalui tiga media sosial, yakni Instagram, Facebook, dan Twitter.

“Di Instagram sendiri lewat akun @teman_ojol, kita bekerja sama beberapa akun partner, diantaranya @newdramaojol.id dan @sahabat_ojol yang punya jumlah followers lebih banyak. Mereka kerap me-repost konten kami sehingga lebih banyak lagi driver ojol yang bisa dirangkul” jelas Alwin pada Jumat (24/04/2020).

Untuk di Facebook, mereka membuat sebuah fans page ‘Teman Ojol’ untuk mempublikasikan konten yang dihasilkan. Nah, untuk menyebarluaskan konten, setiap anggota tim tergabung dalam sejumlah grup facebook driver ojol, jika dihitung-hitung, total ada lebih dari tiga puluh grup yang mereka masuki. Nantinya, setiap informasi yang tayang di fans page akan dibagikan oleh setiap anggota tim ke dalam grup-grup facebook itu.

Lalu di Twitter, Alwin dan kawan-kawan menyasar akun-akun driver ojol yang memiliki followers banyak sehingga kampanye mereka bisa mengarah langsung ke para pelaku driver ojol.

Menurut Alwin, tanggapan yang didapat dari kampanye mereka pun terbilang positif. Alwin berkisah, sewaktu pemerintah memberikan subsidi listrik, ia dan kawan-kawan menawarkan diri untuk membantu para driver ojol mengecek token gratis mereka. Ketika itu, lebih dari seratus driver ojol berinteraksi dengan mereka untuk meminta bantuan mengecek token listrik gratis. Banyak driver ojol akhirnya berterima kasih atas bantuan mereka lakukan.

  1. Check for Share
Foto : Instagram.com/@checkforshare

Kalau tadi #ceritakarantinakita diinisiasi sebagai wadah bercerita dan Teman Ojol dengan segmentasi driver ojol-nya, maka @checkforshare berfokus pada penyebaran hoax terkait Covid-19. Seperti yang diketahui, selama masa pandemi ini banyak tersebar berita hoax yang seringkali meresahkan masyarakat. Dengan slogan “sebelum share, ya #dicekdulu”, @checkforshare menyuarakan kampanye untuk mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam menanggapi suatu informasi.

Menurut Midrar, salah satu orang di balik kampanye #dicekdulu, mengatakan setidaknya hampir tiga hingga empat hari sekali muncul informasi hoax. Oleh karena itu, perlu adanya usaha ekstra yang mesti dilakukan dalam memverifikasi informasi.

“Bahkan di negara seperti Inggris saja yang notabene merupakan negara maju, ada tersebar berita hoax tentang jaringan 5G yang dapat menularkan virus corona” ujarnya pada Senin (27/04/2020).

Dalam kampanye yang diusungnya, Midrar dan lima orang inisiator lainnya memverifikasi informasi hoax yang beredar di masyarakat. Jika setelah dikaji ternyata informasi tersebut mengandung hoax, mereka akan memberitahukan hal tersebut lewat akun Instagram @checkforshare untuk meningkatkan awareness masyarakat.

“Sejauh ini sudah dua berita yang sudah kami verifikasi, kedepannya akan bertambah lagi” tambah Midrar

Selain verifikasi informasi, @checkforshare juga membagikan tips dan langkah-langkah yang dapat dilakukan guna menghindari hoax hingga melampirkan pernyataan pemerintah terkait informasi hoax.

Midrar berpesan kepada masyarakat untuk selalu #dicekdulu sebelum share berita apapun. Karena hanya dengan ketikan jari, dampak yang ditimbulkan bisa sangat besar lho!

Tak ketinggalan, Alwin juga berharap para driver ojol tahu bagaimana harus bersikap dan bisa lebih aware terhadap keselamatan diri ketika bekerja di tengah pandemi ini.

Nah terakhir nih, buat kalian yang sedang melakukan karantina, Fishya berpesan untuk tetap berada di rumah bila tidak ada keperluan mendesak ke luar demi memutus mata rantai Covid-19. Banyak kok kegiatan yang dapat dilakukan selama karantina. Jangan lupa terus jaga kesehatan dan tetap produktif, ya!

Reporter : Mohammad Hatta

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here