Photo Story bulan Mei: Kantin-Kantin Favorit di Unpad

0
40

Tak terasa sudah sebulan kita, mahasiswa Unpad, menjalani kuliah online. Ada yang berkuliah di daerah masing-masing, ada pula yang masih tinggal di Jatinangor. Di manapun kita berada, tentunya kangen kuliah di kampus kan?

Memang, Unpad itu banyak daya tariknya. Di setiap tempat, selalu ada cerita. Salah satunya adalah kantin. Tentu, tidak sembarang kantin. Ada beberapa kantin di Unpad yang selalu ramai. Selain karena makanannya enak dan harganya murah, kantin-kantin ini memberi suasana nyaman tersendiri. Apa saja sih? Mari kita bahas satu-satu:

1.  Kantin Shokudo

Salah satu kantin hits di Unpad adalah Shokudo. Dari namanya, sudah terbayang bukan di mana lokasinya? Yup, Shokudo terletak di kawasan Pusat Studi Bahasa Jepang FIB Unpad. Dengan nuansa tempat yang serasa di restoran Jepang, kita bisa menyantap berbagai menu murah.

Setiap pagi sampai siang juga selalu ada makanan prasmanan yang lezat. Selain itu, pilihan jajanan di sini cukup bervariasi. Shokudo menjadi salah satu tempat nongkrong pilihan mahasiswa FIB. Sambil menyantap basreng atau pempek, mahasiswa biasanya menghabiskan waktu berjam-jam di sini.

2. Kantin Pedca

Meskipun tempat ini bukan satu-satunya kantin di wilayah ini, Kantin Pedca hampir selalu tidak pernah sepi.  Salah satu alasannya karena harganya yang murah dengan rasa mantap. Menu yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari batagor hingga nasi soto bisa kamu dapatkan di sini. Kantin ini juga nyaman dan cukup dekat dengan dua fakultas, yakni FISIP dan FIB, serta dekat dengan asrama.

3. Simmental Cafe

Terletak di seberang FTIP dan Fapet, kantin yang satu ini menawarkan suasana yang berbeda. Nama kantin ini adalah Simmental Cafe. Dua tahun yang lalu, kantin ini sempat mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang. Namun setelah direnovasi, kantin yang namanya terinspirasi dari jenis sapi Swiss ini tetap digandrungi oleh banyak mahasiswa. Sambil lesehan ditemani udara yang sejuk, kantin ini bisa jadi tempat refreshing sejenak dari hiruk pikuk kuliah.

4. Kantin Atep

Kembali ke FIB, kantin yang satu ini cukup legendaris di kalangan mahasiswa. Namun, letak keunikannya berbeda dari kantin-kantin biasa. Kalau kantin-kantin lain unggul dengan makanannya yang murah atau suasana tempatnya yang nyaman, kantin ini unggul dengan pedagangnya. Aang Mulyana, biasa dipanggil Atep, sangat dikenal oleh mahasiswa FIB. Namun bukan hanya FIB, banyak mahasiswa fakultas lain turut mengenal Atep, sebab Atep sudah berdagang lama, bahkan sejak lokasi kampus utama Unpad masih di Dipatiukur. Tepatnya, Atep sudah berjualan di FIB sejak 30 tahun yang lalu.  Karena itu, bukan hanya mahasiswa yang nongkrong di warung Atep, dosen-dosen FIB juga sering berada di sini. Selain itu, Atep dikenal sangat ramah dan baik hati, sehingga banyak mahasiswa yang dekat dengan Atep.

5. Kantin Saridhona

Berada di lantai dasar Bale Wilasa (Bawil) 1, Kantin Saridhona memiliki konsep yang unik. Ya, sesuai dengan namanya, di kantin ini kamu bisa makan sepuasnya dan bayar seridhonya! Oleh sebab itu, kantin ini sangat digemari oleh mahasiswa penghuni asrama maupun dari fakultas-fakultas sekitar Bawil. Menu-menu makanan di tempat ini cukup beragam serta enak. Selain itu, gizi dari makanan-makanan di Kantin Saridhona juga terjamin, sebab, menu-menu di kantin ini diatur oleh mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad.

Lalu, bagaimana asal mula kantin ini bisa ada di Bale Wilasa 1? Menurut Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Unpad Yan Muda Iskandarsyah, kantin Saridhona di Unpad merupakan cabang kedua setelah sebelumnya sukses di ITB. Setelah itu, salah satu donatur dari Kantin Saridhona di ITB kemudian mengusulkan kepada Rektor Unpad untuk membuka cabang Kantin Saridhona di kampus Unpad juga.  Pada akhirnya, Kantin Saridhona didirikan di Bale Wilasa 1 dengan alasannya tersendiri. Selain merupakan tempat yang paling siap, Bale Wilasa 1 merupakan asrama untuk mahasiswi-mahasiswi penerima Bidikmisi. Jadi, Unpad berharap kantin ini bisa membantu para mahasiswa apabila bantuan Bidikmisi telat cair.

6. Kantin Bunda Aspad

Bale Wilasa 1 memang menyediakan pilihan-pilihan tempat makanan murah bagi mahasiswa. Setelah kita bahas Kantin Saridhona, ada lagi nih kantin murah di tempat yang sama. Namanya adalah Kantin Bunda. Di kantin ini, terdapat berbagai pilihan makanan murah yang ramah di kantong. Contohnya ayam geprek dengan nasi dan minuman hanya 10 ribu Rupiah. Selain itu, terdapat aneka nasi goreng dan menu makanan prasmanan. Tidak mengherankan jika kantin ini menjadi salah satu tempat makan favorit bagi para mahasiswi penghuni asrama Bale Wilasa 1.

Nah, begitulah sebagian dari kantin-kantin yang digemari oleh para mahasiswa Unpad. Apa foto-foto kantin barusan cukup untuk mengusir rasa rindumu? Atau malah semakin rindu? Kalau begitu, mari kita semua berharap semoga pandemi ini segera berlalu. Bila semua sudah selesai, kita semua bisa kembali makan di kantin-kantin ini lagi. Sampai saat itu tiba, jaga dirimu ya, Kema. Sampai bertemu lagi!  

Foto : Anastasia & Billy

Narasi : Anastasia

Penyunting : Allisa Salsabilla Waskita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here