Rekomendasi Kegiatan untuk Menenangkan Pikiran Selama di Rumah

0
17
Menjaga kesehatan mental di tengah pandemi merupakan suatu hal yang penting. (sumber : 10best.com)

Memasuki paruh pertengahan tahun 2020, beberapa negara di dunia masih berjibaku dengan pandemi Covid-19. Tak hanya mempengaruhi perekonomian dan tingkat produktivitas negaranya, namun juga berimbas pada naiknya rasa cemas dan takut yang dimiliki tiap warga. Covid-19 dicap sebagai ancaman terbesar kesehatan jiwa pada abad ke-21 ini.

Mengutip dari laman web hellosehat.com terdapat 5 kasus bunuh diri di dunia akibat rasa cemas dan stress akibat dampak dari Covid-19. Virus ini seakan menuntut banyak orang untuk mulai mengubah pola hidupnya dan cepat beradaptasi dengan kondisi baru tersebut.

Terlebih virus ini mengacaukan perekonomian yang menjadi benang utama kehidupan seseorang, dan mendesak tiap individu untuk mengisolasi diri agar tidak bertemu dengan orang-orang demi memutus rantai penyebaran. Ketika manusia merasa tak mampu memenuhi kebutuhannya, berbagai permasalahan yang menyangkut mental akan datang menyerang bagai badai.

Stress, cemas, depresi, dan sejenisnya merupakan salah satu permasalahan yang cukup konkret belakangan ini. Untuk meredakan hal-hal negatif dalam diri kita, ada baiknya kita melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi tubuh dan tidak mempengaruhi kesehatan diri.

Oleh karena itu, Warta Kema akan memberikan rekomendasi kegiatan untuk menghilangkan beban pada pikiran yang cocok dilaksanakan di rumah ditengah pandemi Covid-19 untuk kamu ya, Sobat Warta!

Memasak

Memasak menjadi salah satu pilihan aktivitas yang cukup solutif di tengah pandemi. (sumber : forbes.com)

Memasak adalah salah satu aktivitas yang ramai dilakukan orang-orang semenjak pandemi terjadi. Pasalnya, pembatasan jarak yang dilakukan banyak membuat restoran dan toko makanan tutup sementara, sehingga hal ini membuat banyak orang memutuskan untuk mengisi waktu luangnya untuk masak.

Dilansir dari hasil penelitian Smithsonian Mag, memasak dapat mengembangkan energi positif seseorang, terlebih ketika melihat hasil masaknya sesuai dengan harapan atau ketika masakannya dicicipi oleh orang lain. Di sisi lain memasak dapat menumbuhkan jiwa kekreatifan seseorang untuk bereksperimen, lewat hal ini otak diminta fokus berkreasi dengan masakannya, cocok menjadi alternatif terapi.

Tidak perlu memulai dengan hal-hal rumit, cukup dengan penelusuran singkat di internet, kita dapat mengakses resep-resep sederhana dengan bahan yang biasa dimiliki di rumah. Seperti cara membuat omelet yang lembut dan fluffy, cara membuat kentang goreng yang renyah dan gurih, membuat kue tanpa oven, dan lain sebagainya.

Berkebun

Berkebun menjadi salah satu kegiatan yang digemari masyarakat. (sumber : pojcity.com)

Berkebun tidak harus bak petani yang mengurus lahannya yang luas. Berkebun bisa dilakukan di dalam rumah juga lho! Seperti penempatan kaktus kecil di meja belajar, atau pot tanaman hias di ruang tamu.

Selain menjadi aktivitas yang cocok untuk mengisi waktu senggang, kita dapat turut menghias lingkungan rumah untuk terlihat lebih segar dengan mengadakan tanaman-tanaman pot indoor. Perasaan dekat dengan alam pun memberikan efek rileks pada diri sendiri, dengan berkebun kita secara tidak langsung tengah mempraktikan olahraga ringan.

Melukis, Menggambar, Mewarnai

Melukis dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk menghilangkan stress (sumber : fortuner.id)

Mencoret-coret kertas dan media sejenisnya bisa menjadi sarana curahan hati dan lelah. Berdasarkan penelitian dari Journal Of American Theraphy Association, aktifitas kreatif selama 45 menit dapat mengurangi stress.

Seni dipandang cocok menjadi terapi untuk meredakan saraf-saraf diri kita, karena lewat hal ini kita dapat mengekspresikan diri kita dengan bebas dan emosi serta galau yang tertumpuk pun dapat tergeser perlahan. Melalui warna-warni yang dihasilkan dari melukis dapat memberikan efek segar di mata dan membantu merefresh pikiran.

Semisal merasa tidak mendapat banyak ide untuk berkarya, tidak ada salahnya membeli buku mewarnai ataupun painting kit yang biasanya berisi kain berpola dan cat. Dengan hal itu kita tinggal mewarnai pola-pola mengikuti instruksi yang ada, menyenangkan bukan?

Menyulam

Selain meningkatkan kreativitas, menyulam dapat menghadirkan kebahagiaan tersendiri (sumber : mymodernmet.com)

Sama halnya dengan melukis, bedanya media yang digunakan adalah kain, benang, dan jarum. Perlu adanya kesabaran dan konsentrasi dalam menciptakan pola pada kain yang disulam. Walau memakan waktu yang lebih lama dibandingkan melukis, namun hasil sulaman yang mulai membentuk suatu pola menjadi sebuah kebahagiaan sendiri, sehingga dapat membuat kita semakin semangat untuk terus menyulam.

Kegiatan menyulam sendiri kurang populer karena dianggap ketinggalan jaman atau kegiatan yang biasa dilakukan orang-orang tua, padahal di modern ini sudah banyak orang-orang yang menyulam membentuk pola yang cocok untuk dijadikan hiasan rumah yang trendy. Misalnya seperti pola tanaman, ombak, wajah orang, bunga, dan lain sebagainya.

Di toko online pun mulai banyak yang menjual embroidery kit yang memberikan satu set jarum, benang, dan kain berpola unik. Jenjang kesulitannya pun mulai dari untuk pemula, hingga untuk para ahli yang dapat tekun dan sabar menyulam pola-pola detail yang rumit!

Menyusun puzzle

Dewasa ini kegiatan menyusun puzzle kembali populer di kalangan dewasa (sumber : images.wsj.net)

Bermain puzzle sangat menantang kesabaran dan ketelitian kita terhadap penyusunan pola tertentu untuk membentuk gambar hasil akhir. Puzzle sendiri dipercaya dapat dijadikan alternatif untuk menurunkan rasa cemas dengan cara yang lebih seru. Apalagi di era modern ini banyak gambar-gambar puzzle yang unik dan indah, sehingga menjadi penyemangat untuk fokus menyusun pola agar gambar hasilnya cepat selesai.

Puzzle tidak hanya berlaku untuk anak-anak karena belakangan ini sudah banyak yang mengedarkan puzzle khusus orang dewasa, dimana jumlah potongan puzzle lebih banyak, sehingga waktu yang diperlukan untuk penyusunannya lebih panjang dari biasanya. Selain melatih kesabaran, puzzle juga menjadi sarana terapi yang baik untuk menghabiskan waktu sembari melunturkan rasa gundah dan galau pada diri.

Olahraga ringan

Meski di rumah saja, kita dapat melakukan berbagai kegiatan olah raga ringan (sumber : thedailycourier.com)

Ini dia salah satu aktivitas yang mulai ramai dilaksanakan orang-orang semasa pandemi; olahraga! Di masa karantina mandiri ini, tentunya orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, namun perlu adanya peningkatan produktivitas agar tetap sehat dan bugar sehingga tetap terjaga dari penularan virus, karena biasanya orang lebih banyak bermalas-malasan selama ia berada di rumah.

Olahraga bisa menjadi solusi untuk menghabiskan waktu itu, tidak perlu melakukan gerakan olahraga yang berat dan rumit, karena faktanya kita dapat melakukan gerakan olahraga dimana saja; sembari duduk dan bahkan sembari berbaring!

Di media sosial Youtube contohnya, banyak olahragawan profesional yang membagi tips olahraga sederhana sehari-hari yang mudah sekali untuk diikuti. Atau bahkan dengan pencarian singkat di app store maupun play store, terdapat banyak pilihan aplikasi yang mendukung kita berolahraga dengan fitur pengingat dan tracker-nya. Dengan melakukannya secara rutin, niscaya tubuh kita akan sehat bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Membaca Buku dan Komik

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang dapat menambah wawasan (sumber : cdn.smartbrief.com)

Novel yang pernah dibeli tapi belum sempat dibuka? Buku yang sudah lama dibaca tapi plotnya mulai lupa-lupa ingat? Atau serial webtoon menarik yang masih dalam proses bersambung? Kali ini adalah saat yang tepat untuk membaca semuanya!

Membaca merupakan aktivitas dalam diam yang sangat produktif. Lewat membaca kita bisa mendapatkan banyak informasi baru. Selain itu membaca dapat meningkatkan pola pikir kreatif kita dan membantu menenangkan diri sembari menghabiskan waktu. Membaca merupakan me time yang sangat direkomendasikan, terutama di masa pandemi ini!

Begitulah rekomendasi kegiatan yang cocok untuk menghilangkan pikiran negatif. Terbukti bahwa banyak kegiatan positif dan bermanfaat lainnya yang dapat turut membantu mengalahkan stress, cemas, dan depresi. Kerennya kegiatan tersebut turut menunjang produktifitas kita agar waktu yang terbuang tidak sia-sia! Sobat Warta, diantara kegiatan ini menurutmu mana yang lebih menarik? Jangan lupa dicoba ya!

Reporter : Malika Ade Arintya

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here