Prabu Unpad 2020 Akan Digelar Secara Daring

0
17
Kegiatan PRABU tahun ini terpaksa diselenggarakan secara daring (sumber : twitter.com/@prabunpad)

JATINANGOR, Warta Kema‒Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang disingkat Ospek sudah sangat dikenal di kalangan mahasiswa baru. Hakikat dari keberadaan ospek sendiri tak lain adalah untuk memperkenalkan kampus pada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi kewajiban universitas untuk mensosialisasikan lingkungan yang ada di perguruan tinggi dan dalam pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

Mahasiswa baru wajib mengikuti rangkaian ospek atau pengenalan kampus tak terkecuali di Universitas Padjadjaran. Penerimaan Raya Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran atau yang disingkat PRABU merupakan ospek tingkat universitas untuk mahasiswa baru Universitas Padjadjaran. Tujuan dari PRABU antara lain sebagai langkah awal bagi mahasiswa baru Unpad untuk mengenal dan mengeksplorasi kampus Unpad.

“PRABU dapat menjadi penenang untuk proses penyesuaian diri, masuk ke dalam lingkungan baru pasti membutuhkan proses adaptasi. Memperkenalkan berarti juga mempersiapkan untuk kedepannya menjalani proses-proses yang lebih berat. Dengan adanya prabu, diharapkan transisi yang dialami Pramuda dapat dilalui dengan baik” tutur Ernest selaku Project officer PRABU 2020.

Namun ada perbedaan yang cukup signifikan antara pelaksanaan PRABU di tahun 2020 dengan PRABU sebelumnya. Seperti yang sudah kita ketahui, Pandemi Covid-19 tengah melanda dunia dan memaksa seluruh masyarakat untuk menghentikan segala rutinitas di luar rumah, berbagai aspek dalam kehidupan telah terdampak.

Tak terkecuali di dalam aspek pendidikan. Guna membantu pemerintah dalam menekan penyebaran pandemi ini, Universitas Padjadjaran membatasi aktivitas dan akses ke kampus dengan menerapkan perkuliahan daring non-tatap muka. Hal tersebut membuat berbagai aktivitas dan acara kemahasiswaan pada tahun ajaran baru yang seharusnya dilaksanakan di kampus berubah menjadi daring bahkan beberapa acara terpaksa diundur maupun ditiadakan untuk tahun ini.

Pelaksanaan PRABU di tahun 2020 sendiri mengalami perubahan, momentum penerimaan mahasiswa baru unpad tersebut akan dilaksanakan secara online. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Ernest ketika diwawancarai melalui aplikasi Line. “Ya, PRABU dilaksanakan secara daring sesuai arahan dari Rektor” terangnya.

Meskipun PRABU 2020 serta aktivitas lain dengan berat hati harus dilaksanakan secara daring, ia tetap optimis terhadap keberhasilan pelaksanaan kegiatan PRABU di kala pandemi ini.

“Optimisme harus tetap dipertahankan. Memang terkesan buta sekarang, bahkan untuk seluruh kepanitiaan dan organisasi, inilah kali pertama kita harus beradaptasi dalam skala yang luar biasa besarnya. Bagi prabu sendiri, kami mengusahakan yang terbaik disetiap langkahnya. Satu yang perlu diingat, keberhasilan adalah kenekatan yang harus diperhitungkan. Maka dari itu, saya pribadi optimis terhadap keadaan prabu di kala pandemi ini.” Pungkas Ernest. (ITP)

Reporter : Imanda Tori Putra

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here