Suka Menulis? Beragam Media Daring Ini Bisa Jadi Tempat Karyamu Unjuk Gigi

0
12
Ilustrasi Menulis (sumber : strelingcollege.ca)

Halo Sobat Warta! Tidak terasa sekarang sudah memasuki masa libur semester. Selama beberapa waktu kedepan, hingar bingar perkuliahan beserta tugas-tugasnya akan lenyap untuk sementara. Selama masa liburan ini, usahakan untuk tetap beraktivitas dari rumah saja demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Per tanggal 24 Juni lalu, LTMPT mengundurkan tanggal pengumuman SBMPTN dari awalnya 25 Juli menjadi 20 Agustus. Diundurnya pengumuman SBMPTN berimbas pada waktu masuk kuliah yang kemungkinan besar juga akan mundur hingga September. Artinya, kali ini masa liburan akan lebih panjang dari sebelumnya.

Di masa liburan semester yang panjang ini, Sobat Warta sudah punya rencana belum nih akan melakukan apa?. Daripada gabut ngejalanin liburan di rumah, mending nulis aja. Selain bisa sebagai ajang untuk mencurahkan isi hati dan pikiran, juga bisa bikin lebih produktif.

Nah, buat Sobat Warta yang gemar menuangkan pemikirannya ke dengan menulis, kami punya sejumlah rekomendasi media online nih yang siap menampung dan mempublikasikan karya kalian. Eits jangan salah, ada sejumlah honor siap diberikan untuk tulisan kalian yang berhasil tayang, yuk disimak!

Mojok

Tulisan-tulisan di Mojok banyak mengangkat isu seputar budaya populer dan politik. Yang unik dan khas dari tulisan-tulisan di mojok adalah flow-nya yang blak-blakan dan mengocok perut. Isu yang berat dan serius jadi menarik untuk disimak karena perspektif yang diambil lebih ringan sehingga mudah dicerna.

Mojok membuka cukup banyak rubrik untuk menampung tulisan kalian. Di Mojok ini menyediakan slot diantaranya esai, curhat, dan liputan. Buat kalian yang kritis,punya gaya tulisan yang satir dan jenaka, serta doyan misuh-misuh, mojok.co bisa menjadi tempat menarik untuk menawarkan karyamu.

Voxpop

Voxpop bisa dibilang versi lebih “light” dari mojok. Tulisan-tulisan di Voxpop dibawakan secara kasual tetapi tetap berisi. Tidak se-barbar mojok memang tapi cukup bikin senyum-senyum tipis saat membacanya. Dengan kontributor-kontributor mereka yang berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang, membuat tulisan-tulisan di Voxpop kaya akan perspektif

Voxpop menerima secara terbuka berbagai macam tulisan, kalian bisa mengirimkan tulisan ke alamat email mereka dengan menyertakan identitas dan bidota singkat. Buat kalian yang suka menulis dengan bahasa yang santai tetapi tidak terlalu satir, Voxpop bisa menjadi destinasi alternatif untuk mempublikasikan tulisanmu.

Remotivi

Jika Mojok dan Voxpop mengusung konsep yang santai dan ringan, gaya tulisan di Remotivi agak lebih serius. Pembahasan dalam tulisan-tulisan di Remotivi lebih mengerucut dengan isu seputar siaran media massa di Indonesia yang dikaji dengan didukung data-data akurat dan kredibel.

Walau memang kontributor di Remotivi kebanyakan adalah dari ahli ataupun pengamat media, tidak menutup kemungkinan tulisan dari kalian bisa turut berpartisipasi Jadi kalau kamu punya unek-unek seputar dunia media massa dan ingin menyampaikannya secara ilmiah, Remotivi bisa jadi wadah bisa kamu pilih.

Magdalene

Ciri khas magdalene adalah topik tulisan-tulisannya yang banyak membahas seputar fenomena budaya dan gender, terutama isu terkait perempuan. Isu yang dibahas pada tulisan-tulisan di Magdalene dibawakan secara lugas. Karena isu-isu yang dinarasikan banyak yang ‘menyentil’, tulisan di Magdalene tak jarang memicu pro dan kontra dari sejumlah pihak.

Buat kalian yang  punya gagasan atau mungkin kritikan terkait budaya dan gender, bisa banget untuk coba kirim tulisannya ke Magdalene.

Ayo Bandung

Untuk kamu yang senang menulis berbagai hal mengenai Kota Bandung, Ayo Bandung memiliki kolom khusus bernama Ayo Netizen! Di kolom ini, kamu bisa mencurahkan opini mengenai berbagai hal yang ada di Kota Bandung, rekomendasi kuliner enak, hiburan menarik, hingga berbagai hal-hal unik lainnya.

Karena sebagai ‘masyarakat Jatinangor’ pastinya kamu pernah beberapa kali main ke Bandung dong, Sobat Warta. Jadi kalau kamu bingung untuk menuliskan ulasanmu terhadap sudut-sudut Kota Bandung, maka platform Ayo Netizen di Ayo Bandung dapat menjadi pilihan yang tepat!

Nah, itulah beberapa media online yang memberi kesempatan kepada kalian mengirimkan tulisan untuk nantinya dipertimbangkan tayang di platform mereka. Perlu kamu ingat ya, setiap platform memiliki masa kurasi dan klasifikasi yang berbeda untuk tulisan yang hendak naik di laman mereka. Oleh karena itu, jangan berkecil hati kalau tulisanmu belum terunggah ya. Harus tetap semangat dan siapkan kesabaran ekstra!

Sabi banget nih buat kalian yang mau mencoba peruntungannya. Pastinya asik dong kalau karya kalian bisa unjuk gigi. Selain bisa buat dipamerin ke temen-temen, wejangan yang didapet pun lumayan buat nambah-nambah tabungan, hehehe. Karena tak jarang beberapa platform memberikan ‘uang saku’ atas tulisan-tulisan yang diunggah di laman mereka.

Ingat untuk selalu menjaga etika dalam penulisan dan hindari konten negatif seperti SARA dan pornografi. Selamat menulis!

Reporter : Mohammad Hatta

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here