Ayurveda, Cara Baru Atasi ‘Anti Bangun Pagi Club’

0
16
Ilustrasi bangun pagi (sumber : Hijabista.com)

Sobat Warta, sebagian dari kita mungkin susah untuk bangun pagi apalagi selama work from home. Apakah kamu salah satunya? Diam di rumah rasanya jadi waktu yang tepat untuk bermalas-malasan. 9 Tips ayurveda di bawah ini dijamin bakal bikin Sobat Warta betah bangun pagi. Sebelumnya, kenalan dulu yuk sama Ayurveda.

Alex Hankey seorang ahli fisika teori dari Stanford linear Accelerator Center ini, menyebutkan dalam jurnalnya yakni The Scientific Value of Ayurveda bahwa Ayurveda merupakan metode tradisional India yang terdiri dari kata “ayus” berarti kehidupan dan “veda” berarti pengetahuan.

Pengetahuan tersebut memiliki 5 dasar yaitu air, api, tanah, udara, dan gelombang cahaya yang terdapat pada tubuh dan alam semesta. Ayurveda mengajarkan manusia untuk mengatur hidupnya sesuai dengan kondisi tubuh dan pikirannya dengan harapan dapat berumur panjang.

Pada ayurveda, terdapat istilah “dosha” yang menjadi kunci penting. Keseimbangan hidup yang dijalani manusia didasari oleh karakteristik tubuh, pikiran, dan energi dalam tubuhnya sendiri. Dosha sediri merupakan tipe atau wujud nyata dari karateristik tubuh, pikiran, dan peran aktifnya dalam menjalankan hidup.

Dosha terbagi menjadi 3 tipe yaitu vata, kapha, dan pitta. Tipe-tipe tersebut diambil berdasarkan kondisi tubuh dan pikiran dalam tubuh seperti pola makan, sensitivitas tubuh terhadap cuaca, hubungan asmara, dan lainnya. Sobat warta bisa mengecek tipe dosha melalui laman http://ayurvedadosha.org/doshas/ayurveda-dosha-test#/axzz6bw7PVStu

Dikutip dari laman ayurveda-products.eu , setidaknya ada 9 tahapan Ayurveda yang dapat membuat ritual bangun pagi lebih sehat dan damai.

  1. Bangun lebih awal
Woman waking up

Katakan selamat tinggal pada kebiasaan bangun siang! Meskipun dari rumah, belajar dan bekerja tetap harus dilakukan secara profesional. Usahakan agar bangun pagi sebelum pukul 6 dan bangunlah dengan rileks agar otot tidak tegang dan pikiran lebih segar.

Melansir dari laman jurnal.sociolla.com, fakta bahwa orang yang bangun pagi cenderung Bahagia dan sehat dibandingkan orang yang tidur larut malam dibeberkan oleh penelitian Professor Jacqueline Lane, ahli Kesehatan dari Massachusetts General Hospital. Tidur lebih awal, memasang alarm, dan mengatur suasana kamar jadi lebih hangat dapat dijadikan trik untuk bangun lebih awal.

  1. Mencuci wajah
Mencuci wajah (sumber : Freepik)

Buat wajah lebih fresh dengan mencucinya dengan air mengalir. Skin care yang rutin sobat warta gunakan juga dapat diaplikasikan agar wajah lebih ternutrisi. Wajah fresh, rambut juga harus oke jangan lupa disisir ya sobat warta.

  1. Menyikat gigi
Menyikat gigi (sumber : Freepik)

Selain membersihkan gigi, sobat warta juga dianjurkan untuk membersihkan lidah. Sisa makanan yang menumpuk semalaman di lidah akan memicu bakteri untuk berkembang biak. Bersihkan lidah menggunakan pembersih berbahan emas, perak, atau tembaga.

  1. Keluarkan racun di mulut
Detoks mulut (sumber : Emergency Dentist USA)

Agar lebih maksimal dalam mendetoks mulut, berkumur menggunakan minyak (gandusha) dapat membantu mengeluarkan bakteri jahat yang ada di mulut. Pemilik dosha pitta dan kapha dapat berkumur menggunakan minyak kelapa dan dosha vata menggunakan sesame oil.

  1. Minum minuman hangat
Minuman hangat (sumber : Freepik)

Minuman hangat dapat memberikan efek menghangatkan perut dan menenangkan pikiran. Selain kopi, sobat warta juga dapat membuat susu hangat, green tea, sari jahe, atau artisan tisane berbahan mawar dan rosella yang kaya vitamin C.

  1. Lakukan aktivitas ringan
Merapikan tempat tidur (sumber : The Muse)

Membuka jendela dan membereskan tempat tidur bukan saja membuat rumah rapi, tapi juga melatih otot tubuh untuk mulai bekerja. Biarkan udara dan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Hal tersebut dapat membantu kulit beradaptasi dengan suhu di luar rumah.

  1. Beri sedikit pijatan di tubuh
Beri pijatan pada tubuh (sumber : Folio)

Pijatan dalam metode ayurveda atau dikenal sebagai abhyanga jangan sampai dilewatkan. Anggap langkah ini sebagai reward untuk tubuh sobat warta yang selama ini sudah bekerja keras. Pijat dengan lembut kulit tubuh menggunakan minyak kelapa untuk melemaskan otot-otot dan mengangkap sisa polusi yang terperangkap di kulit.

  1. Mandi dan atur penampilan
Mandi dan berhias diri (sumber : TripAdvisor)

Tipe vata yang sering merasa tubuhnya dingin dapat mandi menggunakan air panas untuk menyeimbangkan energi. Sementara tipe pitta dan kapha yang punya suhu tubuh normal ke panas dapat mandi dengan air dingin. Mandi dan berpakaian menarik di pagi hari pastinya dapat membuat Sobat Warta lebih percaya diri untuk menyapa teman-teman di virtual meeting.

  1. Meditasi
Meditasi (sumber : Freepik)

Yoga dapat menjadi sarana meditasi yang dapat dilakukan dari rumah. Jutaan video tutorial melakukan yoga bagi pemula tersedia di Youtube.  Sobat Warta juga dapat mendengarkan musik yang dapat meningkatkan semangat pagi.

Coba lakukan 9 tips di atas selama 7 hari dan lihat perubahannya.

To love yourself right now, just as you are, is to give yourself heaven. Don’t wait until you die. If you wait, you die now. If you love, you live now.”

-Alan Cohen

Reporter : Roro Wulan Latifah

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here