PEF X OHU Unpad : Kolaborasi Ciamik Pengenalan Kampus di Tengah Pandemi

0
10
Pelaksanaan Padjadjaran Education Festival 2019 (sumber : dokumetasi PEF)

Gelaran acara Padjadjaran Education Festival tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apabila sebelumnya dilaksanakan di Kampus Unpad Jatinangor, namun pada tahun ini panitia harus memutar otak untuk tetap dapat mencapai tujuan dari acara ini. Yakni memperkenalkan Universitas Padjadjaran kepada pelajar SMA SMK dan sederajat di seluruh Indonesia. Akhirnya, pelaksanaan Padjadjaran Education Festival x Open House Unpad digelar secara virtual.

Dengan mengangkat tema Wings of Collaboration, PEF x OHU Unpad tahun ini menitikberatkan pada kata kolaborasi yang diciptakan. Selaras dengan pernyataan Danang Cikal Andaru selaku Project Officer PEF tahun ini, mengingat ini adalah kali pertama pelaksanaan kegiatan PEF digabung dengan Open House Unpad.

“Tema (PEF) ialah Wings of Collaboration. Kenapa kami mengangkat tema ini, karena Wings of Collaboration itu sebetulnya kata kuncinya ada di kolaborasi. Yang mana di tahun ini juga menjadi kolaborasi pertama antara pihak BEM dengan pihak Rektorat (PEF x OHU),”jelasnya.

Dan dalam rangkaian acaranya pun banyak mengandalkan kolaborasi dengan stakeholder terutama dengan lembaga kemahasiswaan, yang mana di tahun sebelumnya belum pernah terjadi.” Tambahnya.

Karena mengubah secara total acara yang biasanya dilakukan secara offline menjadi online, panitia mengakalinya dengan cara memecah berbagai rangkaian acara main event yang biasanya dilaksanakan dalam dua hari menjadi berbagai pre event yang dilaksanakan sejak pertengahan bulan Juli kemarin.

Rangkaian acarapre event tersebut meliputi Roadshowvirtual yang terlaksana di 13 kota dan satu roadshow nasional, tes minat dan bakat,kompetisi dengan lima mata lomba, webinar series dengan berbagai topik menarik, virtual tour yang menjadi unggulan, dan rangkaian acara main event berbentuk siaran yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 dan 22 November 2020.

Meski pelaksanaan PEF x OHU 2020 ini terpasa dilaksanakan secara Daring, namun Danang mengatakan terdapat berbagai kelebihan yang dirasakan dibandingkan rangkaian acara pada tahun-tahun sebelumnya. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan PEF x OHU 2020 virtual ini secara tidak langsung dapat menjadikan cakupan acara menjadi lebih luas. Selain itu, konten yang dibuat lebih kreatif.

“Pertama, membuat cakupan acara menjadi lebih luas. Karena pelaksanaannya daring, jadi kita bisa menjangkau daerah yang lebih luas lagi bahkan bisa se-Indonesia. Dan juga kelebihan lainnya membuat kita fokus pada konten-konten visual. Yang mana misalnya kita bikin video, kita bisa mengembangkan kreativitas kita di sana.” Ungkap mahasiswa Fikom 2017 tersebut.

Berbicara mengenai inovasi apa yang dihadirkan PEF x OHU Unpad pada tahun ini, Danang menjelaskan bahwa virtual tour merupakan inovasi unggulan yang disajikan oleh panitia kepada para peserta.

“Inovasi terbesarnya adalah virtual tour ini yang jadi program andalan kita karena mengusung konsep video 360 derajat. Yang mana mungkin konsep video 360 derajat ini masih jarang ada di Indonesia gitu,” terangnya.

Dan juga program ini tuh jadi program yang kita andalkan, karena kita ingin mencoba gimana caranya peserta itu tanpa perlu ke Unpad tapi bisa merasakan sensasi seakan-akan mereka ada di Unpad.” Lanjut mahasiswa berkacamata ini.

Di akhir wawancara, Danang berharap kolaborasi yang dilaksanakan oleh BEM dan pihak Rektorat akan terus berkelanjutan untuk tahun-tahun selanjutnya. Mengingat tujuan yang diusung baik oleh PEF maupun OHU yakni sama-sama untuk memperkenalkan Unpad kepada pelajar di Indonesia.

Untuk mengetahui informasi serta rangkaian acara dari PEF x OHU 2020 ini, Sobat Warta bisa mengakses informasi dari laman Instagram resmi PEF x OHU yakni @pef_unpad.

Reporter : Karina Rahma

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here