MENGENAL KOMUNITAS UNPAD: VIKING UNPAD DAN STUDENT ENERGY

0
10
Ilustrasi Mengenal Komunitas Unpad (sumber: Warta Kema/Tasya Inayah Hasanah)

Halo, Sobat Warta! Kembali lagi dengan rubrik artikel ‘Mengenal Komunitas Unpad’! Setelah dua artikel sebelumnya membahas mengenai RadioMU, Kopma Unpad, Archery Unpad, dan Girl Up Unpad, kali ini Warta Kema akan kembali memperkenalkan dua komunitas lain dari bidang yang berbeda. Ada Viking Unpad untuk para Sobat Warta yang mengaku sebagai pecinta sepak bola. Dan, ada juga Student Energy untuk para Sobat Warta pecinta lingkungan. Yuk, mari kita simak perkenalan dari keduanya!

Viking Unpad: Wadah Bagi Mahasiswa Supporter Sepak Bola

(Sumber: Official Instagram Viking Unpad)

Sobat Warta, siapa yang baru mendengar nama Viking Unpad? Bagi kalian yang suka banget support tim sepak bola saat pertandingan, wajib banget nih tahu mengenai salah satu komunitas pecinta olahraga yang ada di Unpad, yaitu Viking Unpad.

Viking Unpad pada dasarnya merupakan komunitas pendukung sepak bola yang dukungan utamanya ditujukan pada tim sepak bola Persib Bandung. Komunitas ini awalnya berdiri dengan nama ‘Bobotoh Unpad’. Lalu, pada 24 Maret 2007, Bobotoh Unpad diresmikan sebagai anggota resmi Viking Persib Club dengan nama baru, yaitu Viking Unpad, oleh Persib Bandung Bermartabat.

“Yang membedakan Viking Unpad dengan komunitas lain adalah tidak adanya fokus pada struktur organisasi, kecuali pada staff ticketing dan juga humas. Lebih (fokus) pada ticketing karena adanya pembaruan tugas di setiap minggunya. Sedangkan bagian humas bertugas untuk pertandingan di luar Bandung atau disebut We Day dengan mengurusi surat izin untuk acara nonton bareng,” papar Reza Alfarizi selaku Wakil Ketua Viking Unpad.

Dengan bergabung bersama Viking Unpad, mahasiswa tidak perlu kesulitan  untuk  mendapatkan tiket nonton di stadion, karena Viking Unpad akan memastikan dan mengoordinasikan mahasiswa yang ingin menyaksikan pertandingan sepak bola, baik di area Bandung maupun pertandingan di luar kota Bandung. Selain itu, jika ada pertandingan di luar kota Bandung, Viking Unpad akan memfasilitasi keberangkatan, serta melakukan perizinan dan mempersiapkan tiket pertandingan tersebut.

Acara rutin yang dilaksanakan sebelum pandemi yaitu nonton bareng sepak bola di wilayah Bandung. Sedangkan acara rutin yang dilaksanakan komunitas setiap minggunya adalah kumpul briefing maupun kumpul anggota setiap satu minggu sekali.

Lalu selama masa pandemi ini, aktivitas apa yang dilakukan komunitas Viking Unpad?

Rama mengakui bahwa, “Selama pandemi, intensitas kegiatan anggota komunitas lebih berkurang karena kendala sosial yang mengakibatkan ditundanya berbagai pertandingan bola. Namun, di sisi lain, komunitas ini masih tetap menjalan komunikasi dengan baik antar anggota.”

Viking Unpad secara langsung melakukan recruitment anggota pada saat berlangsungnya masa orientasi mahasiswa baru univerisitas, yakni Prabu Unpad. Namun, di luar itu, seluruh mahasiswa yang berminat untuk nonton bareng pertandingan sepak bola bisa mengikuti kegiatan Viking Unpad walaupun tidak bergabung sebagai anggota. Hal ini dikarenakan kembali ke tujuan utama, yakni ingin mewadahi dan menggabungkan seluruh mahasiswa yang ingin menjadi supporter sepak bola tergabung dalam supporter Viking Unpad.

“Untuk Mahasiswa Unpad, Satu Hati Satu Almamater, Satu Persib, Viking 6 SKS!” Tutup Rama sebagai pesan dan salam bagi mahasiswa Unpad.

Student Energy at Universitas Padjadjaran: Gerakan Muda Cinta Lingkungan

Halo, Sobat Warta! Warta Kema kali ini akan mengajak kalian untuk mengenal kelompok yang berkontribusi terhadap lingkungan dan penggunaan energi alam. Yup! Warta Kema akan memperkenalkan salah satu lembaga Badan Semi Otonom (BSO) yang berada di bawah pengawasan BEM Kema Unpad, yakni Student Energy. Masih terdengar asing? Penasaran apa itu Student Energy? Yuk simak ulasan tentang Student Energy lebih lanjut.

Student Energy adalah komunitas global yang dipimpin oleh pemuda (umumnya mahasiswa) yang bergerak di bidang energi terbarukan dan lingkungan dengan menerapkan berbagai pendekatan, seperti pembentukan chapter, Digital Energy System Map, dan juga konferensi internasional. Student Energy at Universitas Padjadjaran merupakan Student Chapter dari Student Energy global. Dan, Student Energy at Universitas Padjadjaran menjadi chapter pertama yang ada di Asia Tenggara.

Terbentuknya Student Energy at Universitas Padjadjaran tentu didasari dengan visi dan misi yang menjadi landasan bagi kemajuan komunitas serta pembentukan kualitas mahasiswa yang dapat terus mengembangkan potensi dan inovasi terhadap pemberdayaan energi dan lingkungan. Visi utama Student Energy at Universitas Padjadjaran adalah mendukung implementasi dari energi yang bersih, terjangkau, dan berkelanjutan untuk masa depan.

Adapun paparan program kerja yang dimiliki Student Energy at Universitas Padjadjaran di antaranya:

  • Padjadjaran Energy Leaders School (PELS)
  • Energy Project for Campus (Sepeda Listrik Unpad & Unpad Terang)
  • Company Visit
  • Indonesia Energy Systems Map
  • Webinar Series
  • Comparative Study

Kenny selaku ketua Student Energy at Universitas Padjadjaran memaparkan, Struktur keanggotan dari Student Energy at Universitas Padjadjaran adalah terdiri dari tiga badan utama, yaitu Executive Boards, Chapter Alumni, dan Members.” 

Pada masa pandemi, Student Energy masih melakukan beberapa kegiatan secara aktif melalui media online, seperti webinar. Selain itu, aktivitas pengerjaan projek komunitas masih tetap berjalan dan dimaksimalkan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. 

(Foto dengan Ibu Rektor Universitas Padjadjaran)
(Foto Tim Sepeda Listrik)

Pencapaian yang berhasil dicapai Student Energy yakni berhasil memenangkan dua seri kejuaraan pada kegiatan “[Re] Charge Series Online Pitching Competition” yang diselenggarakan oleh New Energy Nexus Indonesia. Pencapaian tersebut tentunya didukung oleh kerja sama tim yang baik serta dukungan dari berbagai pihak di universitas, seperti bantuan FMIPA serta KST Padjadjaran, dan FiNder CoE (Print-G) yang menyumbangkan bantuan dalam bentuk penggunaan fasilitasnya.

Sampai di sini, apakah kalian sudah tertarik untuk bergabung dengan Student Energy at Universitas Padjadjaran, dan mau tau cara bergabung dengan komunitasnya gimana?  Eitss tenang aja! Warta Kema akan memaparkan cara untuk dapat bergabung dengan Student Energy.

Student Energy at Universitas Padjadjaran dalam menyelanggarakan recruitment anggota umumnya dilakukan selama kurang lebih dua minggu. Caranya adalah dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disiapkan. Namun, saat ini, proses recruitment anggota masih belum dibuka dan informasi pembukaannya akan terus di-update dari media resmi Student Energy di laman:

https://www.instagram.com/studentenergy.unpad/?hl=en

Bumi kita sedang tidak baik-baik saja! Sudah saatnya bagi kita sebagai mahasiswa, sebagai agent of change untuk mengambil tindakan nyata untuk menjaga bumi kita. Atau, seminimalnya, lingkungan di sekitar kita,” tutup Kenny di akhir wawancara dengan Warta Kema.

Begitulah perkenalan dari dua komunitas keren yang ada di Unpad. Bagaimana Sobat Warta, apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan salah satunya? Atau justru keduanya? Eits! Tunggu dulu. Warta Kema masih punya beberapa komunitas lain yang siap diperkenalkan dalam artikel selanjutnya, lho! Ikuti terus rubrik ‘Mengenal Komunitas Unpad’ ya!

Penulis : Puput Amelia

Penyunting : Allisa Salsabilla Waskita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here