Paguyuban KSE Unpad : Menerima Beasiswa sekaligus Mengabdi, Apakah Bisa?

0
8
Kegiatan KSE Mengajar (sumber: Dokumentasi Pribadi/Paguyuban KSE Unpad)

Halo Sobat Warta! Tahukah kamu kalau di unpad ada perkumpulan bagi para penerima beasiswa bernama Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Unpad? Paguyuban ini merupakan wadah berkumpul bagi penerima beasiswa KSE.

Paguyuban KSE Unpad bukan hanya perkumpulan penerima beasiswa yang menerima bantuan secara finansial saja. Sobat Warta dapat menemukan banyak kegiatan menarik dalam Paguyuban KSE Unpad. Terdapat berbagai macam  pembinaan dan pelatihan yang diadakan yayasan KSE bagi para penerima beasiswa sebagai sarana berkreativitas dan inovasi.

Gimana Sobat Warta, makin penasaran sama Paguyuban KSE Unpad ini kan? Untuk menjawab rasa penasaran para Sobat Warta, Warta Kema kali ini akan mengajak kamu untuk mengenal Paguyuban ini lebih dalam lagi.

Program Beasiswa KSE

Nah, seperti yang sudah Sobat Warta ketahui bahwa Paguyuban KSE Unpad ini adalah perkumpulan bagi penerima beasiswa KSE. Untuk menjadi anggota paguyuban ini tentunya hanya orang-orang yang menerima beasiswa KSE saja. Namun, gimana sih cara mendaftar beasiswa ini? Daripada Sobat Warta penasaran, yuk langsung aja Sobat cek cara mendaftar Beasiswa KSE yang telah Warta Kema Rangkum.

Pertama-tama perlu diketahui bahwa Beasiswa KSE hanya untuk mahasiswa dengan jenjang S1 dan memiliki tiga program utama yaitu beasiswa regular, program Achievement Scholarship, Entrepreneur Academy (EA), dan Technology for Indonesia (TFI).

Untuk pendaftaran Beasiswa KSE biasanya dimulai bulan april. Tahap awal adalaha mengisi pada kolom beasiswa yang tertera  di Paus Unpad dan melakukan registrasi online. Setelah menunggu seleksi berkas dan lolos, tahap berikutnya adalah wawancara. Setelah itu, tinggal menunggu hasil yang biasanya diumumkan pada bulan Agustus.

Jadi, untuk rentang tahapan proses Program Beasiswa KSE ini dibuka dari bulan April hingga bulan Agustus. Namun, karena adanya pandemi, tahun ini KSE melakukan perubahan dengan menerapkan sistem gelombang dalam proses pendaftarannya.

Bukan Paguyuban Biasa

Paguyuban KSE Unpad bukan sekadar wadah perkumpulan biasa lho, Sobat Warta! Banyak kegiatan-kegiatan positif di dalamnya. Lebih menariknya lagi, kegiatan yang diadakan bukan hanya kegiatan internal antar anggota, tetapi ada juga kegiatan eksternal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat berfokus pada aksi sosial dan pendidikan,  serta diselenggarakan tidak hanya di sekitar kampus Unpad saja tetapi bisa menjangkau wilayah lainnya juga. Hal ini membuktikan bahwa dalam paguyuban ini terdapat komitmen dan loyalitas tinggi untuk mengabdi pada masyarakat.

Sesuai dengan motto KSE yaitu Sharing, Networking, and Developing, para penerima beasiswa KSE berkomitmen untuk bisa menebarkan kebermanfaatan dimanapun.

Program Kerja

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di awal, kegiatan Paguyuban KSE Unpad ini banyak banget lho, Sobat Warta!

Kegiatan-kegiatan dan program kerja yang ada diantaranya adalah open recruitment Beasiswa KSE yang bisa banget Sobat Warta ikuti. Untuk program kerja internal terdapat kegiatan upgrading dan rapat kerja.

Ada banyak juga kegiatan sosial yang diadakan oleh Paguyuban ini. Misalnya KSE Peduli, Sosmart, Aksi Peduli KSE Bersama (AKUMA). Selain itu Paguyuban ini juga mengadakan Pelatihan Akademik, Suistanable Career Development, bahkan ada Tryout and Bimbel juga lho!

Selain itu, ada juga kegiatan-kegiatan di luar program kerja yang diselenggarakan atas permintaan oleh Yayasan KSE. Misalnya ada KSE mengajar dan Program Community Development yang berkolaborasi dengan KSE ITB dan UPI

Gimana Sobat Warta, keren-keren semua kan kegiatan Paguyuban KSE Unpad ini? Selain mendapat keuntungan finansial, Sobat Warta dapat menambah relasi dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Pastinya para anggota Paguyuban KSE Unpad mendapat pengalaman yang banyak.

Adaptasi Di Tengah Pandemi

Rapat Kerja Paguyuban KSE Unpad (sumber: Dokumentasi Pribadi/Paguyuban KSE Unpad)

Meskipun di tengah keadaan pandemi seperti ini, Paguyuban KSE Unpad masih tetap menyelenggarakan kegiatan-kegiatannya lho! Namun, penyelenggaraan kegiatan di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah.

“Yang paling dasar hambatannya adalah kita tidak bisa bertemu dan kenal satu sama lain secara tatap muka” Ujar Fikri selaku ketua Paguyuban KSE Unpad.

Memahami dan mengenal teman-teman penerima beasiswa lainnya merupakan hal sulit meskipun sudah dilakukan dengan media Zoom atau Gmeet. Dengan munculnya hambatan ini, Paguyuban KSE Unpad tetap bisa beradaptasi dengan keadaan pandemi saat ini. Paguyuban KSE Unpad sudah memiliki sistemnya tersendiri terkait komunikasi dan strategi mengatasi agenda offline lho!

“Secara teknis overall tidak ada hambatan yang cukup berarti.”, Jelas Fikri.

Gimana Sobat Warta, cukup mudah bukan untuk mendaftar Program Beasiswa KSE ini? Jika Sobat Warta tertarik dengan program beasiswa ini dan ingin bergabung dengan Paguyuban KSE Unpad, jangan lupa pantau terus info mengenai pembukaan pendaftaran Beasiswa KSE ya, Sobat Warta!

Penulis : Bentang Sasmita Giawa

Penyunting : Karina Rahma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here