Tips dan Rekomendasi Olahraga di Bulan Puasa

0
56
Meski sedang berpuasa, penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit (sumber : https://gulfnews.com/lifestyle/health-fitness/the-fast-and-strong-manal-rostom-on-wearing-the-hijab-while-running-marathons-1.1560773086220)

Sebentar lagi bulan puasa akan hadir di tahun kedua pandemi ini. Berhubung kondisi belum 100% stabil, alangkah baiknya Sobat Warta tetap menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa. Ada banyak cara untuk tetap fit semasa puasa, salah satunya dengan berolahraga.

Apa sih Manfaat Berolahraga selama Berpuasa?

Mengutip dari website halodoc, tetap menggerakan tubuh selama berpuasa memberikan tubuh kita manfaat seperti melancarkan metabolisme, melancarkan detoksifikasi tubuh, mempertahankan massa otot, menjaga kebugaran tubuh, dan untuk yang ingin sekaligus melaksanakan diet, dapat juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan terlalu ketat dietnya ya, Sobat Warta!

Meski begitu, kita juga harus memperhatikan waktu olahraga selama bulan puasa. Karena saat bulan puasa, tubuh kita tidak menerima cairan selama lebih dari 12 jam, sehingga waktu dalam berolahraga harus disesuaikan agar kita dapat terhindar dari dehidrasi. Kapankah waktu yang tepat untuk melaksanakan olahraga?

Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga selama Berpuasa

 Jawabannya adalah di sore hari, menjelang berbuka puasa, atau malam hari setelah berbuka puasa. Pada sore hari menjelang berbuka, cairan yang hilang saat olahraga dapat segera tergantikan saat kita berbuka puasa. Sedangkan jika olahraga di malam hari, tubuh kita sudah terisi cairan sehingga tidak akan mengalami dehidrasi.

Nah, Sobat Warta sekarang sudah tahu manfaat dan waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa, lantas apa saja sih olahraga yang disarankan untuk orang yang sedang berpuasa?

Rekomendasi Jenis Olahraga Selama Berpuasa!

1. Yoga

Manfaat dari melakukan yoga di bulan puasa, ialah dapat membuat kita menjadi lebih relax dan lebih fokus dalam menjalani kegiatan apapun. Yoga dapat menjaga postur tubuh, meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan paru-paru dan jantung, mengurangi rasa letih, dan lainnya. Selain itu, mengutip dari health.detik.com, dengan melakukan yoga kita dapat menjadi lebih sabar. Menjaga kesabaran saat bulan puasa merupakan hal yang penting ‘lho. Sobat Warta juga dapat memperoleh kualitas tidur yang baik di malam hari. Cocok sekali untuk diterapkan selama menjalani puasa agar kualitas tidur tetap terjaga sehingga tidak letih pada siang hari. Adapun gerakan yoga yang disarankan saat bulan puasa ialah gerakan yang ringan, seperti stretching, latihan pernapasan, dan gerakan-gerakan yang sederhana.

2. Jogging/Jalan Cepat

Jogging juga termasuk sebagai olahraga yang disarankan saat bulan puasa ‘loh, Sobat Warta! Jogging ringan di sore hari jelang berbuka dapat dilakukan selama 20-30 menit. Melakukan jogging dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru, menguatkan tulang, meningkatkan kekuatan otot, dan menurunkan lemak tubuh. Jika Sobat Warta merasa berat dengan melakukan jogging saat bulan puasa, dapat diganti menjadi  jalan cepat saja ya. Jalan di tempat pun juga direkomendasikan karena tetap memiliki manfaat yang serupa.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu aktifitas olahraga ringan yang sangat dianjurkan selama berpuasa, terutama pada sore hari menjelang berbuka, sembari ngabuburit mencari kudapan dan makanan untuk berbuka. Dengan bersepeda, Sobat Warta bisa menghilangkan stress, dan meningkatkan kesehatan jantung. Namun, jangan lupa untuk tetap memakai masker dan membawa hand sanitizer saat bersepeda ya, Sobat Warta!

4. Sit Up dan Push Up

Untuk Sobat Warta yang ingin menguatkan otot perut dan tangan, olahraga sit up dan push up ini sangat direkomendasikan, karena termasuk olahraga ini berintensitas rendah. Jangan lupa untuk menyesuaikan stamina yang ada di dalam tubuh juga ya, Sobat Warta. Manfaat dari olahraga ini selain mengencangkan otot perut dan tangan, juga bisa mengurangi risiko nyeri pinggul, meningkatkan fleksibilitas, dan menjaga postur tubuh.

5. Naik Turun Tangga

Olahraga yang satu ini dapat dilakukan di rumah. Alangkah baiknya dilakukan dengan intensitas yang rendah, karena dapat menimbulkan dehidrasi jika dilakukan secara berlebihan. Naik turun tangga dilakukan dengan normal selama kurang lebih 10 menit dapat membakar sampai 178 kalori di dalam tubuh ‘loh, Sobat Warta!

Nah, dengan demikian meskipun sedang berpuasa, Sobat Warta dapat tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga-olahraga di atas. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan, sebelum berolahraga dan lakukanlah pendinginan setelah berolahraga agar kondisi tubuh tetap stabil ya, Sobat Warta!

Penulis: Adinda Rianita

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here