No More Keteteran! Ini Tips Untuk Kamu Si Procrastinator

0
25
Sumber foto: https://www.freepik.com/free-vector/postponed-concept_7965340.htm#page=1&query=Procrastination&position=21

Halo Sobat Warta! Siapa di antara kalian yang sering mendapatkan tugas bertubi-tubi, tetapi tetap bermalas-malasan dan akhirnya menumpuk di akhir? Alhasil, baru dikejarkan dekat-dekat deadline deh. Tahu tidak kalau kebiasaan menunda-nunda itu disebut prokrastinasi, atau dalam bahasa Inggris yaitu procrastination.

Biasanya, ketika seorang procrastinator baru mendapat suatu tugas atau pekerjaan, ia akan berpikir bahwa tugasnya lebih baik dikerjakan nanti saja. Namun, sambil menunggu waktu “nanti”, tugas-tugas baru pun turut berdatangan sehingga menumpuk beban pekerjaannya. Akhirnya, seorang procrastinator akan merasa kewalahan, panik, atau gelisah di ujung deadline dan tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan maksimal.

Kebiasaan prokrastinasi juga tidak jarang kita jumpai di lingkungan perkuliahan. Dosen yang memberi tugas seabrek, ditambah tugas dari organisasi kemahasiswaan sering kali membuat gairah untuk menunda semakin bertambah. 

Namun, Sobat Warta tidak perlu khawatir, kali ini Warta Kema akan membagikan tips untuk mengatasi kebiasaan prokrastinasi tersebut!

7 Tips untuk Menghindari Prokrastinasi!

  1. Buat To Do List Tugas

To do list merupakan sebuah daftar hal-hal yang harus dilakukan. Sobat Warta dapat membuat daftar tugas-tugas Sobat Warta di mana pun, seperti di handphone atau buku. Hal ini agar Sobat Warta dapat melihatnya dengan rapi dan tersusun.

Ketika membuat to do list tugas, Sobat Warta dapat membuat urutan tugas-tugas berdasarkan prioritas. Tugas yang memiliki deadline lebih cepat baiknya menjadi yang paling diprioritaskan ya, Sobat Warta!

  1. Bagi tugas menjadi bagian-bagian kecil

Ketika membuat daftar tugas-tugas, Sobat Warta dapat membaginya menjadi bagian-bagian kecil. Misal, Sobat Warta memiliki tugas membuat makalah, Sobat Warta dapat menulisnya di to do list tugas secara per bab.

Kenapa? Karena ini akan mempermudah Sobat Warta untuk melakukan progress terhadap tugas tersebut. Biasanya, kita suka malas untuk mengerjakan tugas ketika hal tersebut terlihat besar dan berat, dengan membagi tugasnya menjadi bagian-bagian kecil itu akan membuat tugas Sobat Warta terasa lebih ringan. Pelan-pelan aja, asal ada progress……

  1. Prepare Yourself

Tips yang satu ini akan membuat mood Sobat Warta menjadi lebih baik. Misal, merapikan tempat di mana Sobat Warta akan mengerjakan tugas terlebih dahulu, atau mengisi amunisi tubuh dengan makanan serta minuman.

Pilih tempat yang Sobat Warta rasa nyaman untuk fokus mengerjakan tugas dan jangan taruh terlalu banyak barang di sekitarmu ya, Sobat Warta! Cukup barang-barang yang dibutuhkan saja agar fokus kita tidak buyar.

  1. Gunakan teknik yang disuka

Ada banyak teknik yang bisa dilakukan untuk mengerjakan tugas. Warta Kema akan merekomendasikan teknik Pomodoro! Teknik Pomodoro merupakan teknik produktif di mana kita mengatur waktu untuk produktif, lalu waktu untuk istirahat, lalu diulang kembali.

Dengan teknik Pomodoro, Sobat Warta dapat mengatur waktu untuk mengerjakan tugas selama 25 menit, lalu istirahat selama 5 menit. Ketika masih dalam waktu produktif, Sobat Warta harus benar-benar fokus terhadap tugas yang sedang dikerjakan. Begitu juga ketika waktu istirahat, gunakanlah waktu yang ada sebaik mungkin.

  1. Imajinasi 

Coba bayangkan hal-hal apa saja yang dapat membuatmu berterima kasih dan bersyukur kepada diri sendiri di kemudian hari. Seminggu, sebulan, setahun, atau beberapa tahun yang akan datang. Bayangkan ketika Sobat Warta tidak mulai mengerjakan tugas hari ini, kamu tidak dapat mengerjakan tugas dengan baik, telat mengumpulkannya, lalu berakhir dengan mendapat nilai kurang bagus.

Cara membayangkan masa depan ini tidak hanya dapat Sobat Warta terapkan untuk tugas lho, tetapi juga untuk hal-hal baik lainnya.

  1. Lipat gandakan waktu

Ketika Sobat Warta mendapatkan tugas baru, apakah Sobat Warta pernah berpikir ‘hmm ini bisa dikerjain selama 2 jam, nanti aja deh’? Jika iya, Sobat Warta dapat menggandakan waktu yang Sobat perkirakan. Jika kamu berpikir suatu tugas dapat dikerjakan selama 2 jam, kamu dapat kalikan waktu tersebut dua kali lipat menjadi 4 jam. Hal ini untuk mengantisipasi Sobat Warta apabila ternyata pada pengerjaannya mengalami kendala, atau juga waktu yang tersisa dapat kamu gunakan untuk mengoreksi kembali tugas yang sedang kerjakan.

  1. Mempersiapkan Self Reward

Setelah membuat diri sendiri fokus terhadap tugas, kamu juga dapat memberi dirimu reward dengan hal apa pun. Sobat Warta dapat melakukan hal-hal ringan menghibur yang akan membuat diri sendiri senang. Misal, menonton video di YouTube, makan makanan favorit, atau melakukan hobi. Namun perlu diingat, bahwa reward yang Sobat Warta siapkan juga harus sesuai dengan kebutuhan, ya!

Nah, itu dia tips yang Warta Kema berikan untuk kamu yang suka menunda-nunda tugas alias procrastinator, hihi. Sobat Warta juga perlu ingat bahwa tips atau teknik apapun, yang menentukan itu bekerja atau tidak adalah kedisiplinan dari diri sendiri. Selain itu, yuk coba tanamkan dalam diri bahwa ‘yang penting selesai dulu’, lalu sempurnakan. Semoga, tips di atas dapat membantu Sobat Warta, ya!

Penulis: Zahra Fathia Ramadhani

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here