Tak Kalah dengan Webtoon Luar, Ini Rekomendasi Webtoon Lokal Versi Wartakema

0
127

(sumber: detiks.github.io)

Halo, Sobat Warta!

Siapa disini yang gemar membaca webtoon? Belakangan ini, webtoon atau webcomic menjadi sangat populer, ya. Tidak mengherankan, mengingat portal untuk membaca komik online ini sangatlah banyak dan mudah untuk diakses. 

Salah satu portal yang terkenal adalah aplikasi Line Webtoon yang menyediakan banyak webtoon dengan berbagai genre dari banyak negara. Tidak hanya itu, kebanyakan webtoon di aplikasi ini dapat dibaca secara gratis tiap minggunya (walau kita dapat membayar menggunakan koin webtoon jika ingin membaca chapter selanjutnya lebih awal dari tanggal rilis). Seru sekali, ‘kan? Apalagi, kita dapat dengan bebas membaca webtoon yang diinginkan kapanpun dan dimanapun lewat ponsel atau perangkat lainnya.

Meskipun aplikasi Line Webtoon ini berasal dari Korea Selatan, komikus atau author asal Indonesia juga ikut meramaikan aplikasi ini dengan karya-karya yang tidak kalah bagus dengan webtoon luar negeri, lho! Berikut adalah rekomendasi 5 webtoon lokal yang bisa menemani liburan atau waktu luang Sobat Warta!

  1. Virgo And The Sparklings

(sumber: webtoon.com)

Karya: Annisa Nisfihani (story), Ellie Goh (art), Jan Mintaraga (original creator)

Genre: Fantasi-Romantis

Status: On-Going. Terbit tiap hari Senin

Menceritakan tentang seorang mahasiswi bernama Riani yang mempunyai hobi bernyanyi dan bermain gitar. Ia dan dua orang sahabatnya tergabung dalam sebuah band amatiran bernama Virgo And The Sparklings

Berbagai peristiwa penuh lika-liku turut menemani jalan mereka untuk menjadi band profesional yang diakui semua orang. Namun, kedua sahabatnya tidak mengetahui bahwa Riani memiliki kekuatan super. Kira-kira, kekuatan super milik Riani ini akan digunakan untuk apa, ya? Tak hanya itu, cerita ini pun turut menyorot kisah Riani dengan Leo, kakak tingkat Riani di kampus, yang tertarik pada Riani dan selalu mendukungnya di situasi apapun.

Menariknya, webtoon ini merupakan salah satu serial dari Bumilangit yang juga menerbitkan komik seperti Gundala dan Si Buta dari Gua Hantu. Versi cetak dari Virgo And The Sparklings pun sudah diterbitkan sejak September 2018 dan direncanakan akan diangkat menjadi film pada tahun ini. Selain itu, dilansir dari kompas.com, Perusahaan Bumilangit Digital Mediatama (BLDX) berencana meluncurkan mobile game visual yang diberi nama Virgo and The Sparklings, This is The Rhythm of My Life pada bulan Juni 2021. Wah, bukan main, ya! Pantas saja webtoon ini selalu meraih peringkat di Top 5 Kategori Fantasi dengan 1,8 juta pembacanya di Line Webtoon.

  1. Recycle

(sumber: webtoon.com)

Karya: RedGelato

Genre: Fantasi

Status: Tamat

Recycle. Sekilas judulnya mengingatkan kita pada salah satu gerakan 3R, yaitu upaya untuk mendaur ulang sampah. 

Tidak salah, karena dalam webtoon ini, orang-orang yang dikategorikan sebagai “sampah” akan dikirim ke dunia baru yang disebut Dump, untuk direcycle. Sang tokoh utama, Siji, adalah salah satu berandalan sekolah yang kurang beruntung. Ia dikirim ke Dump, dunia yang berlawanan dengan dunia di kehidupan aslinya. Untuk bisa kembali, tentunya ada syarat yang harus dilakukan. 

Meskipun sama-sama bergenre fantasi, ada kesan yang berbeda ketika membaca Recycle dibandingkan Virgo And The Sparklings. Membaca Recycle rasanya seperti membaca komik Jepang dengan banyak adegan bertarung. Akan tetapi, kesan humor pun tetap terasa mengingat watak tokoh utama dari serial ini yang cukup nyeleneh. Webtoon ini sudah tamat dengan 45 chapter, cocok untuk Sobat Warta yang tidak sabar menunggu rilisnya tiap chapter per minggu.

  1. We Are Pharmacist

(sumber: webtoon.com)

Karya: Qoni

Genre: Drama

Status: Tamat

Penulis percaya, pasti selalu ada pesan moral dari suatu karya. Namun, tak hanya menyampaikan pesan moral, serial ini juga banyak memberikan ilmu dan informasi bermanfaat terkait farmasi dan obat-obatan. 

Bercerita tentang Radith yang berkuliah di jurusan D3 Farmasi. Bersama teman-temannya, ia selalu menjalani harinya dengan ceria. Dalam webtoon ini, Radith digambarkan sebagai tipe teman yang andai sehari saja tidak masuk, kelas pasti akan terasa sepi, deh!  Meski begitu, tentu saja dalam kehidupan, khususnya perkuliahan, pasti ada hari-hari di mana tidak semuanya berjalan mulus. 

Webtoon ini tidak hanya berfokus pada Radith sebagai tokoh utama, tetapi juga menceritakan dari sisi teman-teman seperjuangannya. Banyaknya karakter yang berbeda-beda, membuat kita dapat melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang.  Ini membuat We Are Pharmacist menjadi salah satu webtoon yang terasa dekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan, orang yang tidak berkuliah di jurusan Farmasi pun bisa dengan mudah menikmati cerita ini.

Webtoon ini sudah tamat dengan 3 season, yang di mana tiap season menandakan naiknya Radith ke jenjang/tingkat yang lebih tinggi. Jadi, sama seperti Recycle, Sobat Warta tidak perlu menunggu lama untuk membaca chapter-chapter selanjutnya!

  1. Jajan Squad

(sumber: webtoon.com)

Karya: Dito Satrio

Genre: Slice of Life

Status: Tamat

Sobat Warta yang menyukai bidang kuliner, atau ingin menambah wawasan tentang makanan Indonesia pasti akan tertarik dengan webtoon ini. 

Ya, sesuai judulnya, Jajan squad adalah sebuah “geng” atau kelompok beranggotakan 3 orang yaitu Panca, Jeno, dan Vidya, yang sangat suka “jajan”. Mereka sudah berteman sejak kecil karena bertetangga. Oleh karena itu, geng ini sangat kompak dalam memulai vlog kuliner meskipun berbeda profesi. Walau harus mengawali semuanya dari nol, seperti membuat video YouTube dengan alat seadanya, mereka tetap menikmati setiap prosesnya.

Webtoon ini mengandung banyak wawasan untuk pembaca, seperti sejarah makanan tradisional sampai cara membuat makanan tradisional itu sendiri. Selain itu, pembaca juga kerap dibuat gemas karena interaksi Jeno dan Vidya yang tak kunjung jujur dengan perasaan satu sama lain. Meskipun begitu, webtoon Jajan Squad tetap konsisten dengan genre slice of life dan topik kulinernya.

  1. Tweening

(sumber: webtoon.com)

Karya: Amabel Emillavta

Genre: Romantis

Status: On-Going. Terbit tiap hari Jum’at

Satu lagi webtoon yang berlatar perkuliahan, Tweening. Berkisah tentang Carol, seorang gadis asal Bali yang berkuliah di jurusan animasi suatu universitas ternama di Amerika. Carol adalah gadis yang sangat ceria dan polos, penuh perjuangan untuk mengejar mimpinya menjadi animator, walaupun tidak selalu berjalan mulus.

Jika beberapa webtoon romantis menghabiskan ratusan chapter agar tokoh utama mendapatkan cintanya, Tweening tidak demikian. Alur romantis yang ada pada webtoon ini terasa cukup cepat dibanding webtoon lainnya. Namun, alih-alih menjadikannya sebuah happy ending, kisah cinta Carol justru menjadi titik mulai perjalanan baru, bagaimana ia mengimbangi waktu kuliah dengan waktu “bucin”nya, bagaimana ia harus saling mengerti dan memberi perhatian dengan pasangannya di kala kesibukan yang melanda, dan lain sebagainya. 

Meskipun bergenre romantis, webtoon ini tidak selalu membahas kisah cinta Carol. Serial ini juga menyorot tentang perjuangan, persahabatan, keluarga, dan sedikit membahas musik serta psikologi. Tone yang digunakan dalam gambar di setiap chapter pun terkesan hangat, meskipun disesuaikan juga dengan suasana yang ada, membuat pembaca ikut hanyut ke dalam cerita. Di beberapa chapter juga, terdapat efek musik latar yang bisa didengar pembaca untuk menambah kesan hangat tersebut. Dengan kualitas sebagus ini, sangat disayangkan melihat webtoon ini memiliki peminat yang terbilang cukup sedikit dibanding webtoon lokal lain. Apalagi, selalu terdapat pesan moral di setiap chapternya yang sangat related dengan kehidupan sehari-hari. 

Nah, itu dia 5 rekomendasi webtoon lokal versi Warta Kema. Dari kelima webtoon ini, apa ada yang sudah menjadi favorit Sobat Warta? Jangan lupa untuk terus mendukung karya author favoritmu, ya! 

Penulis: Widitya Tasya Saskia Aulia

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here