Rayakan Hari Tanpa Tembakau, Ini Tips Untuk Mengurangi Rokok

0
14
(Ilustrasi kampanye untuk berhenti merokok. Sumber: Vecteezy.com)

Hari tanpa tembakau sedunia, siapkah sobat warta menghilangkan kebiasaan merokok?

Tanggal 31 Mei diperingati sebagai hari tanpa tembakau sedunia, hari yang menjadi momentum bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengkampanyekan bahaya dari penggunaan tembakau. Dilansir dari website resmi WHO, sejarah hari tanpa tembakau sedunia berawal dari tahun 1987. Saat itu negara-negara anggota WHO mencetuskan sebuah peringatan hari tanpa tembakau yang bertujuan untuk memantik masyarakat dunia supaya menyadari akan dampak berbahaya dari rokok. Pada hari itu juga WHO menyerukan gerakan berpuasa bagi seluruh perokok untuk tidak merokok selama 24 jam di seluruh dunia.

Berdasarkan data Riskesdas Kementerian Kesehatan, proporsi perokok usia muda (15 tahun keatas) di Indonesia mencapai 33,8%. Di Indonesia sendiri merokok menjadi kebiasaan buruk yang sudah sering kita jumpai di sekitar lingkungan kita, mulai dari kalangan anak muda sampai lanjut usia pun ada di Indonesia. Tak jarang juga kita jumpai pelajar-pelajar dari rentang SMA hingga SMP yang sudah terlanjur mengalami ketergantungan dengan tembakau yang berbahaya ini. 

Tak lain juga dengan mahasiswa. Lingkungan kampus menjadi tempat yang tak jarang kita jumpai perokoknya. Mahasiswa cenderung lebih bebas dalam berperilaku di kampus dibanding anak-anak SMA, sehingga kebebasan tersebut dijadikan peluang bagi mahasiswa untuk terus merokok bersama kawan-kawannya sehabis kelas.

Menghilangkan kebiasaan merokok tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Mungkin banyak dari teman kita yang sebenarnya ingin melepaskan diri dari kecanduan merokok, namun kondisi lingkungan yang tidak mendukung seperti teman sepermainan yang juga perokok, menjadi faktor penghambat besar ketika kita ingin berhenti. Belum lagi kondisi kehidupan yang cenderung bebas karena sudah hidup merantau dan tidak dalam pantauan orang tua.

Akan tetapi, disamping segala tantangan seperti itu, salah satu langkah baru yang bisa kita mulai dalam usaha untuk berhenti merokok adalah dengan cara mengurangi terlebih dahulu konsumsi rokok kita. Mulai mengurangi jumlah konsumsi rokok adalah cara yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan merokok secara bertahap. 

Tips Mengurangi Rokok 

Sobat warta pastinya sudah paham apa dampak bahaya dari kebiasaan merokok. Tentunya dengan merokok kita akan kehilangan banyak hal. Selain kehilangan uang jajan, kita juga kehilangan kesempatan untuk menyehatkan raga kita loh. Nah berikut adalah tips-tips yang bisa dicoba sobat warta untuk mengurangi kebiasaan merokok kalian.

1. Jangan Beli Sebungkus, Minta Teman Aja!

Menahan diri supaya tidak membeli sebungkus merupakan salah satu cara mengurangi konsumsi rokok. Biasanya, ketika Sobat Warta sedang bersantai atau sekedar nongkrong dengan teman, setiap orang pasti akan menyiapkan rokok masing-masing baik ngeteng atau beli sebungkus.  

Dengan menahan diri untuk tidak beli sebungkus, maka kita sudah menghilangkan ketersediaan rokok untuk diri sendiri. Dengan posisi mendesak seperti itu, biasanya kita akan meminta milik teman. Otomatis dengan selalu mengemis sebatang rokok kepada teman-teman kita, kita akan merasa tidak enak dan mengurangi banyaknya porsi dalam mengkonsumsi rokok. Selain itu juga ada kemungkinan kalau teman-teman kita akan pelit dengan kita, sehingga tidak lagi mau memberikan sebatang rokok kepada kita. Hal ini akan menjadikan peluang kita untuk merokok ketika nongkrong menjadi kecil.

2. Bikin Jadwal Hari Tanpa Merokok Sendiri

Konsisten jadi kunci keberhasilan dari cara ini! Kita bisa meluangkan waktu 1 atau 2 hari dalam seminggu untuk membuat hari tanpa tembakau bagi diri kita sendiri. Dengan cara ini, kita akan belajar untuk mengurangi rokok sekaligus belajar self-control.

Selain membuat kita tidak merokok, hari yang sudah kita tentukan hari yang dijalankan Sobat Warta juga dapat digunakan untuk melakukan kegiatan produktif lain seperti membaca buku, berolahraga, atau berkebun di rumah.

3. Jangan Simpan Rokok Di Kosan

Sehabis kuliah atau berkegiatan di luar pastinya membuat diri kita lelah dan akhirnya bersantai-santai di kosan. Biasanya ketika sedang gabut di kosan, tanpa kita sadari tiba-tiba saja kita sudah membakar rokok dan menghisapnya. Hal ini merupakan efek dari gabut di kosan sehingga tidak ada kegiatan lain yang kita lakukan selain merokok. 

Hal tersebut bisa kita atasi dengan tidak menyediakan stok rokok di kosan dan mulai mencari hobi baru agar tidak bosan di kosan. Mungkin sobat warta bisa memulai hobi baru seperti menonton film, membaca buku, dan merapikan ruangan.

4. Buat Batasan Jumlah Porsi Rokok

Memberi Batasan maksimal konsumsi rokok per hari bisa menjadi cara yang cukup ampuh bila dijalankan dengan konsisten dan bertahap. Bila biasanya sobat warta merokok 12 batang per hari, maka kali ini sobat warta harus berjanji pada diri sendiri untuk memberikan jumlah batang maksimal merokok per hari, serta mengurangi jumlah asupan batang rokok dari yang tadinya 12 menjadi hanya 6 batang, misalkan. Setelah itu kita dapat terus mengurangi jumlah konsumsi rokok sesuai target yang sudah kita rencanakan.

5. Cari Pacar!

Cara ini mungkin akan terasa sulit bagi kita yang selama ini kesusahan dalam mencari seorang pasangan. Akan tetapi cara ini cukup ampuh untuk meredam kebiasaan merokok kita. Karena, selain dorongan dari kita sendiri, dorongan pihak luar juga dapat menjadi support bagi kita untuk mulai mengurangi rokok. Mencari seorang pacar yang anti dengan rokok merupakan cara yang bisa sobat warta lakukan untuk mengurangi rokok. Dengan memiliki pacar yang seperti itu, maka kita akan terus-terusan dipantau, diingatkan, bahkan diomeli jika merokok. Sehingga pastinya kita akan semangat juga untuk mengurangi kebiasaan merokok serta selalu diawasi oleh orang lain, sehingga hal tersebut akan menjadi kontrol bagi diri kita sendiri. 

Nah, itu beberapa tips bagi sobat warta yang ingin mengurangi kebiasaan merokoknya. Yuk di hari tanpa tembakau sedunia ini kita mulai niatkan diri kita untuk menghilangkan kebiasaan merokok yang tentunya tidak hanya berdampak bagi kita sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar kita!

Don’t smoke, it’s not a joke!

Penulis: Elang Permana Hakim

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here