Bantu Matangkan Persiapan Karir, 3 Platform ini Wajib Kamu Kepoin!

0
5
siap kerja
ilustrasi media untuk persiapan karir. Sumber: freepik.com

Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya ketika kuliah adalah siasat terbaik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja nanti. Kegiatan mulai dari kepanitiaan, organisasi, UKM, hingga magang kini dilakukan oleh para mahasiswa. Di sanalah mereka mendapat beragam skill, baik itu hard skill maupun soft skill. Terbangunnya relasi turut menjadi bonus ketika kita bertemu dan bekerja bersama orang-orang baru. 

Segudang pengalaman dan kemampuan yang didapat dari beragam kegiatan tersebut, perlu diimbangi dengan bekal pengetahuan maupun keterampilan yang akan dibutuhkan ketika kita memasuki dunia professional yang sebenarnya. Misal, cara menjawab pertanyaan interview, lalu cara fresh graduate untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja, ataupun perihal administratif seperti pembuatan CV maupun portfolio. Informasi-informasi tersebut sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah pada era ini. 

Akan tetapi, untuk mempermudah Sobat Warta, kami sudah merangkum itu semua ke dalam 3 platform yang dapat membantu mempersiapkan karir kalian, versi Warta kema. Penasaran? Yuk, scroll terus sampai bawah!

  1. Aksel 
(Media sosial instagram Aksel. Sumber: Dok. Pribadi)

Aksel, atau dulu dikenal juga dengan nama Tutee.id, merupakan platform yang didedikasikan untuk kaum muda Indonesia yang ingin mempersiapkan dan membangun karir. Aksel menyuguhkan beragam konten seputar persiapan karir yang dikemas menarik dan relatable dengan keluh kesah generasi muda saat ini. Dari cara menjawab pertanyaan HR hingga self-branding tersedia di berbagai media sosialnya

Tak hanya itu, mereka pun memiliki 3 produk unggulan yang pastinya worth to try. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah:

  • CV Review

Aksel cukup dikenal oleh kalangan mahasiswa berkat produk CV review nya. Layanan yang diawasi oleh senior praktisi HR ini akan membantu Sobat Warta dalam mengoptimalisasi CV agar sesuai dengan standar profesional outlook. Keuntungan yang didapatkan pun banyak, seperti review personal CV, undangan ke grup tanya-jawab bersama HR, hingga contoh dan panduan membuat CV professional yang tepat. Jika Sobat Warta tertarik, kalian bisa mengunjungi laman ini.

  • CV Maker

Sobat Warta pasti pernah merasa bingung cara membuat CV profesional yang benar seperti apa. Nah, produk Aksel berikutnya, yaitu CV Maker dapat membantu kalian untuk merancang dan membuat CV/Resume sesuai standar profesional secara gratis, mudah, dan praktis. Cukup sign in pada website CV Maker Aksel, lalu pilih create resume, isi seluruh informasi yang diperlukan, dan CV/Resume kalian siap diunduh!

  • Bootcamp

Jika 2 produk sebelumnya lebih berfokus pada hal administratif, lain hal nya dengan Bootcamp yang hadir untuk menyiapkan dan mengenalkan mahasiswa dalam bekerja di industri yang paling banyak diminati saat ini, seperti Startup, FMCG, dan Banking. Keuntungan yang bisa kita dapatkan lewat program ini mulai dari 2 minggu eksklusif Bootcamp bersama HR Leaders hingga direkomendasikan kepada company partner Aksel. Untuk informasi lebih lengkap, Sobat Warta dapat mencari tahu di sini.

  1. Halolearn
(Tampilan website Halolearn. Sumber: Dok. Pribadi)

Halolearn menjadi platform berikutnya yang wajib Sobat Warta ketahui. Selain membagikan konten dalam bentuk postingan Instagram, Halolearn pun hadir dengan sejumlah layanan dan program unggulannya untuk membantu mempersiapkan karir kalian. Dengan misi sosialnya untuk menjembatani kesempatan kerja anak muda Indonesia, Halolearn menyuguhkan 3 program yang bisa Sobat Warta coba, loh!

  • Virtual Career Platform

Program ini berbentuk komunitas virtual yang didirikan untuk memperluas koneksi Sobat Warta, dan memberikan akses untuk membangun profil karir secara digital agar mendapat kesempatan dilirik oleh HR. Platform ini pun menyediakan tempat untuk kalian melakukan diskusi dan tanya jawab seputar karir. Mau tahu lebih lanjut? Kepoin di sini yuk!

  • Marketplace Mentor Halolearn

Ingin mencoba kesempatan untuk berdiskusi dan konsultasi langsung dengan mentor dari Unicorn Company? Program ini jawabannya! Mendatangkan mentor dari perusahaan ternama seperti Shopee hingga Ruangguru, Halolearn memfasilitasi koneksi antara anak muda dengan para mentor yang berpengalaman untuk sharing serta mendapat informasi seputar karir dan dunia kerja langsung dari ahlinya. 

  • Boost Career Program

Program unggulan selanjutnya berbentuk bimbingan karir yang pastinya membantu Sobat Warta untuk mempersiapkan diri ketika masuk ke dunia kerja nanti. Membimbing dari proses awal pencarian kerja hinga negosiasi gaji, Halolearn akan membagikan tips & tricks agar kalian dapat mengakselerasi karir dalam waktu 4 minggu. Tertarik? Sobat Warta bisa kunjungi situs ini untuk informasi lebih lanjut.

  1. Maukerja.id
(Media sosial Instagram maukerjaid. Sumber: Dok. Pribadi)

Last but not least, Maukerja.id merupakan platform yang tidak kalah penting untuk Sobat Warta ketahui. Masih dengan konsep membagikan konten persiapan karir melalui media sosial, namun platform ini mengemasnya dengan cara yang lebih interaktif. Memanfaatkan fitur video dan IGTV, Maukerja.id menyediakan sejumlah informasi, tips & trick, hingga curhatan dari sudut pandang HR. Sehingga Sobat Warta bisa lebih memahami dan mempersiapkan diri ketika akan melamar pekerjaan/magang. Selain itu, Maukerja.id pun menyediakan beberapa layanan yang bisa kalian manfaatkan, seperti:

  • Review CV

Pikiran yang mungkin terlintas dalam benak Sobat Warta saat melihat layanan ini adalah, “Apa bedanya sama yang lain?”. Tentu saja berbeda, setiap platform pasti memiliki keunggulannya masing-masing walau memiliki layanan yang sama. Layanan review CV ini tidak hanya mengulas CV Sobat Warta, tetapi memfasilitasi kalian juga untuk memilih dan terhubung langsung dengan HR di industri yang ingin dituju. Sehingga membantu Sobat Warta untuk membuat CV yang lebih relate dengan pekerjaan yang diharapkan.

  • Konsultasi Karir

Sobat Warta ingin berdiskusi seputar interview kerja langsung dengan HR? Kalian bisa memanfaatkan layanan ini untuk berkonsultasi selama 30 menit, pastinya dengan para HR professional. Mereka siap membantu kalian dalam menyelesaikan masalah apapun seputar karir. Caranya pun mudah, Sobat Warta diarahkan untuk mengisi informasi pra-konsultasi pada laman ini, selanjutnya sistem akan mencari HR yang dapat membantu kalian. Konsultasi dilakukan melalui chat room, jadi kalian tidak perlu khawatir ataupun grogi, ya!

Nah, itu dia 3 platform yang bisa Sobat Warta kepoin untuk lebih mempersiapkan karir kalian kedepannya! 

One important key to success is self-confidence. An important key to self-confidence is preparation. -Arthur Ashe

Kira-kira program apa nih yang tertarik untuk kalian ikuti?

Penulis: Nanda Eka Fitriani

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here