Upaya Menjaga Kelestarian Laut versi Warta Kema

0
8
Sumber: www.bluewateryachting.com

Dalam rangka Hari Laut Sedunia pada tanggal 8 Juni 2021 ini, tentunya Sobat Warta sudah paham betapa besarnya manfaat sumber daya laut bagi kehidupan manusia. Akan tetapi, sudahkah Sobat Warta berkontribusi dalam pelestarian laut? Mengingat iklim dunia yang mulai mengalami perubahan, pandemi covid-19, serta polusi yang tak kunjung membaik, alangkah baiknya Sobat Warta melakukan partisipasinya dalam menjaga kelestarian laut. Lantas, apa yang harus kita lakukan dalam rangka merayakan hari laut sedunia? Warta Kema telah merangkum solusi terbaik yang bisa Sobat Warta lakukan untuk berkontribusi menjaga kesehatan bumi!

  1. Waste4Change 
Waste4Change_raih_pendanaan_EKRUT
Sumber: ekrut.com

Waste4Change adalah perusahaan sosial yang didirikan pada tahun 2014 yang memberikan layanan dalam pengelolaan sampah,  dengan pendekatan yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab menuju Indonesia zero-waste. Waste4Change ini memiliki banyak program yang bisa membantu Sobat Warta mendaur ulang sampah anorganik, sehingga dapat mengurangi polusi ‘lho! Melalui Waste4Change juga, Sobat Warta bisa mengirim sampah anorganik yang menumpuk di rumah. Jadi, untuk kalian yang tidak bisa mendaur ulang sampah karena keterbatasan waktu atau kendala lainnya, bisa diatasi dengan cukup mengumpulkan sampah anorganik yang ada di rumah, kemudian mengirimkannya ke Waste4Change. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan dan tentunya mempermudah Sobat Warta dalam mewujudkan Indonesia zero-waste. 

  1. Recycle
Untitled design (7)
Sumber: etsy.com, pinterest.com, YouTube.com

Bagi Sobat Warta yang suka membuat kerajinan atau hal-hal yang aesthetic, kalian bisa mendaur ulang sampah-sampah plastik menjadi barang pakai atau bahkan hiasan. Sobat Warta bisa membuat keranjang dari gelas, gantungan kunci dari tutup botol, bunga palsu dari botol plastik, dan lain-lain. Manfaat dari melakukan daur ulang ini selain untuk lingkungan dan penggunaan pribadi, Sobat Warta bisa menghasilkan uang ‘lho! Jika hasil daur ulang dibuat menjadi menarik, kita bisa menjual kerajinan tersebut dan membuka bisnis yang berawal dari daur ulang sampah. 

  1. Menggunakan Produk yang Reusable 
ori_3670106_p6ssuigyewz54jqpxv3d6auigzt57kacxuope91h_ecology-reusables-zero-waste-recycle-and-reusable-products-wooden-t
Sumber: www.bluewateryachting.com

Jika menurut Sobat Warta, daur ulang dan mengirim limbah anorganik terasa ribet, Sobat Warta juga bisa melakukan upaya yang satu ini nih! Kita bisa mulai membiasakan diri menggunakan produk-produk yang ecofriendly, seperti: tote bag, stainless straw, stainless chopstick, glass straw, tumbler, alat makan yang reusable, dan banyak lagi. Sobat Warta bisa mulai membiasakan diri dengan produk-produk reusable ini dari sekarang. 

  1. Berdonasi dan tanda tangan petisi
eyJidWNrZXQiOiJhbGlnbmFibGV3ZWItcHJvZHVjdGlvbiIsImtleSI6InNlcnZpY2VzL3BpY3R1cmVzL21lZGl1bS8xMDAwMjY0LzE1NTQ5MTEzMjlfVW50aXRsZWQucG5nIiwiZWRpdHMiOnt9fQ==
Sumber: alignable.com 

Berikutnya, Sobat Warta bisa melakukan donasi atau menandatangani petisi yang berkaitan dengan pelestarian laut. Upaya yang satu ini sangat mudah, karena kita bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Hanya bermodalkan smartphone dan internet, Sobat Warta sudah berkontribusi dalam menjaga kelestarian laut. Adapun untuk situs yang terpercaya terkait pelestarian ekosistem laut, Sobat Warta bisa mengunjungi website seperti;

Selain website untuk berdonasi, Sobat Warta juga dapat menandatangani petisi. Adapun mengenai info-info petisi, kalian bisa mengecek media sosial Seasoldier Indonesia. Di akun tersebut terdapat banyak informasi mengenai ekosistem laut yang bermanfaat bagi Sobat Warta. 

  1. Hemat air dan hemat energi 
df5b8a789e78002533f7c593c6ca64b4
Sumber: unric.org

Salah satu langkah paling sederhana yang bisa Sobat Warta lakukan adalah mulai dari menghemat air dan energi. Kedua hal ini saling berkaitan antara satu sama lain. Dengan menghemat air, maka Sobat Warta juga menghemat energi listrik. Melalui hemat air, berarti kita turut mengurangi limbah air kotor yang dapat mengancam ekosistem laut. Kemudian dengan hemat energi, maka kita dapat mencegah terjadinya hujan asam yang dapat merusak ekosistem laut yang disebabkan oleh polusi dari energi listrik dan bahan bakar fosil yang berlebih. 

Nah, tunggu apalagi, Sobat Warta? Dengan segera ikut berpartisipasi dalam pelestarian laut, kita telah membantu melestarikan separuh ekosistem di bumi ini. Mulailah dari hal-hal kecil di sekeliling kita, karena gerakan yang kecil dapat memberikan perubahan yang besar. 

Penulis: Adinda Rianita Putri

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here