5 Tips Memulai Investasi Bagi Mahasiswa, Ini Saatnya Uang Bekerja Untuk Kamu!

0
62
(Sumber foto: Shutterstock)

Seiring dengan bertambahnya usia, tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan hidup manusia juga ikut bertambah. Kondisi ini kerap kali menjadi tantangan tersendiri bagi kawula muda, khususnya mahasiswa, karena terkadang tidak dapat bergantung pada uang saku sepenuhnya. Di saat yang bersamaan, bukanlah perkara mudah untuk mencari pekerjaan dengan penghasilan stabil di era sekarang ini. 

Kondisi tersebut berhasil meningkatkan popularitas investasi sebagai salah satu alat penambah kekayaan. Akan tetapi, maraknya hoax dan minimnya edukasi terkait produk-produk investasi di kalangan masyarakat membuat banyak pihak harus berpikir ulang kali untuk terjun ke dunia investasi. 

Eits, Sobat Warta jangan khawatir! Artikel ini hadir untuk membantu kamu dengan paparan 5 tips yang harus Sobat Warta perhatikan jika ingin terjun ke dunia investasi versi Warta Kema. 

Yuk, kita simak bersama!

1. Ubah Pola Pikir!

“The poor and the middle class work for money. The rich have money work for them”—salah satu ungkapan terkenal dari buku berjudul Rich Dad Poor Dad besutan Robert Kiyosaki. Ungkapan tersebut dapat membantu kamu untuk memahami bahwa untuk menjadi kaya, kita perlu mengubah pola pikir agar uang dapat bekerja untuk kita, bukan sebaliknya. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan investasi.

Selain itu, tidak sedikit yang berpikir bahwa investasi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang mapan yang bergelimang harta. Pola pikir ini juga perlu diubah karena kenyataannya tidak demikian. Kamu tidak perlu bergelimang harta untuk menjadi investor. Di zaman serba canggih ini, sangat memungkinkan untuk kamu memulai investasi dengan modal kurang dari Rp 100.000. Menarik, bukan?

Pola pikir lainnya yang perlu kamu tanamkan sebelum memulai, adalah kegiatan ini dilakukan untuk jangka panjang. Dengan kata lain, hasil dari investasi tersebut tidak dapat kamu nikmati dalam waktu yang relatif cepat. Dalam hal ini, konsistensi memiliki peranan yang penting dalam menentukan kesuksesan berinvestasimu. 

2. Mulailah Bersahabat Dengan Produk Investasi

Mungkin kamu tidak jarang mendengar kata saham, emas, reksa dana, deposito, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan beberapa produk investasi yang populer di Indonesia. Sebelum terjun langsung ke dunia investasi, kamu perlu memahami produk-produk investasi tersebut agar tidak kebingungan nantinya. 

Selain dengan buku-buku bacaan, di era dengan keterbukaan informasi seperti sekarang ini, kamu dapat mulai belajar investasi dari platform-platform tidak berbayar seperti YouTube, Google, Instagram, Twitter, dan platform lainnya yang tentu tidak menuntut kamu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Tidak sedikit juga pihak yang memberikan pembekalan-pembekalan investasi secara cuma-cuma. 

Pada intinya, untuk mulai belajar investasi, bukanlah perkara sulit karena kemudahan akses informasi dari internet. Semuanya kembali pada niat dan keseriusan kamu untuk mencari ilmu. Jadi, semangat ya, Sobat Warta!

3. Cari Lingkungan yang Suportif

Sebagai mahasiswa, tentunya tidak jarang kamu menemukan orang-orang dari latar belakang dan lingkungan yang berbeda denganmu. Dalam hal ini, lingkungan yang tepat dapat membantu perkembanganmu dalam berinvestasi. Teman dengan ketertarikan yang sama di bidang investasi denganmu akan mendorong proses pembelajaran dua arah yang efektif untuk sebagian orang. 

Lingkungan yang tepat juga dapat memberikan perspektif lebih luas yang mungkin tidak kamu temukan di buku bacaan atau internet. Hal ini akan menjadi stimulanmu agar konsisten dalam berinvestasi. Lagi-lagi, kemudahan akses di era ini berperan penting dalam membangun komunikasi dengan berbagai macam orang di mana batas teritorial tidak lagi menjadi penghalang. 

4. Learning by Doing

Setelah mengubah pola pikir, membekali diri dengan ilmu, dan menemukan lingkungan yang tepat, ini saatnya kamu untuk terjun langsung ke dunia investasi. Akan tetapi, dengan mulai berinvestasi bukan berarti proses pembelajaran kamu telah usai. Dalam potret sebenarnya, kamu akan dihadapkan dengan situasi-situasi yang mungkin tidak kamu ekspektasikan sebelumnya. Hal tersebut akan mendorong kamu untuk senantiasa belajar atau juga dikenal dengan a lifetime learner.

Salah satu politikus sekaligus investor ternama di Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, menekankan kepada generasi muda agar jangan takut untuk memulai dalam kehidupan, khususnya dalam berinvestasi. Beliau mengatakan bahwa bangsa ini butuh lebih banyak lagi milenial-milenial yang dapat berkontribusi secara konkret untuk memajukan perekonomian Indonesia. 

Wah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, ya! 

5. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Salah satu hal penting dalam berinvestasi adalah melakukan evaluasi investasi. Kegiatan ini dapat diibaratkan seperti berkunjung ke dokter gigi yang notabenenya harus dilakukan secara rutin demi menjaga kesehatan gigi. Akan tetapi, tetap saja banyak orang tidak melakukannya untuk berbagai macam alasan. 

Langkah ini perlu dilakukan karena banyak kejadian, baik mikro maupun makro, yang mempengaruhi kinerja dari portofolio investasi kamu seperti situasi geopolitik, kurs, kondisi ekonomi, tingkat permintaan dan penawaran, dan lain sebagainya. Dengan kondisi fluktuatif tersebut, evaluasi ini sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan lagi portofolio investasi kamu sesuai kebutuhan dan situasi yang kamu hadapi. 

Dalam praktiknya, investasi tentu tidak selalu menguntungkan. Dengan melakukan evaluasi investasi secara berkala, kamu dapat memiliki rancangan strategi investasi yang dapat meminimalisir nilai kerugian kamu. 

Sebagai mahasiswa, investasi perlu dilakukan karena membuka peluang yang lebar untuk segi keuanganmu. Selain itu, kamu dapat merancang masa tua kamu ketika kamu berada di usia yang tidak produktif lagi. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, kamu dapat melakukan investasi secara lebih terstruktur dan tepat sasaran.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, berinvestasi!

Penulis: Zalfaa Arza Fawwaz

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here