Orasi 2021, Checkpoint Awal Mahasiswa Baru FISIP Unpad

0
38

Selain membawa perjuangan mahasiswa ke babak selanjutnya, tahun ajaran baru juga turut membawa gelombang mahasiswa mengisi meramaikan dunia kampus. Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, BEM FISIP Unpad menggelar rangkaian Orasi 2021. Melalui rangkaian ini, Arkamuda, sebutan untuk mahasiswa baru peserta Orasi 2021 mengawali perjalanan mereka sebagai bagian dari FISIP Unpad. 

Orasi 2021 sendiri merupakan kegiatan orientasi mahasiswa FISIP Unpad untuk memperkenalkan lingkungan fakultas serta berbagai lembaga di dalamnya. Orasi 2021 yang pada tahun ini mengangkat tema “Empowering Collaboration” juga dengan jingle berbunyi “Aku dan kamu, kita berkolaborasi!” kembali diadakan secara daring sebagai respons dari pandemi yang juga belum usai. 

Rangkaian Orasi 2021 berlangsung selama tiga hari, mulai dari 26 hingga 28 Agustus. Hari pertama dibuka dengan upacara penerimaan mahasiswa baru serta talkshow yang mengundang alumni dan dosen FISIP Unpad, seperti Ernest Prakasa dan Hardian Eko Narsuto membahas tentang career building

“Dengan berekspektasi yang realistis kita bisa menghindari kekecewaan yang berlebihan. Saya akan berharap yang terbaik dan kalau belum bisa, oke ya harus berusaha, memang semua itu ada prosesnya, nggak bisa berharap langsung jadi,” papar Ernest dalam kesempatan itu terkait bagaimana mahasiswa hendaknya membentuk pola pikirnya

“Aku suka sama topik yang diangkat  untuk talkshow hari ini, jadi aku suka menyimaknya, narasumbernya juga menarik,” komentar Keisya, mahasiswa baru program studi Kesejahteraan Sosial.

Pada hari kedua, rangkaian diisi dengan berbagai talkshow yang mengundang berbagai pemateri, salah satunya Intan Hartanti dari The British Institute, yang membahas sejumlah topik mulai dari 21st Century skills hingga peran mahasiswa dan korelasinya dengan tri dharma perguruan tinggi. Selain itu, juga ditampilkan karya para Arkamuda berupa konten Tiktok yang sebelumnya telah dibuat dalam kelompok-kelompok yang telah ditentukan.

Talkshow tentang 21st Century skills membantu saya sekali yang masih maba ini supaya bisa  menyiapkan dan menerapkan seperti learning skill, life skill, dan literacy skill,” ungkap Rinaldo, mahasiswa baru program studi Bisnis Logistik. 

Hari ketiga bisa dibilang yang terpadat. Pada hari itu, Arkamuda diperkenalkan oleh berbagai program studi dan lembaga di FISIP Unpad. Dalam kesempatan itu, ketigabelas himpunan mahasiswa memaparkan struktur lembaga dan program-program mereka. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan talkshow kefisipan yang membahas berbagai isu terkait perspektif dan pengembangan diri bagi mahasiswa dengan mengundang narasumber Dede Yusuf dan Dekan FISIP Unpad Widya Sumadinata, serta ajang penghargaan untuk konten Tiktok yang sebelumnya ditayangkan pada hari kedua. 

Setelah disambung dengan rangkaian evaluasi berupa pengulasan materi talkshow, rangkaian Orasi 2021 pun berakhir. Rangkaian Orasi ini nantinya akan dilanjutkan dengan FISIP Welcoming Ceremony 2021 dan Mabashow 2021 pada 8 Oktober nanti. 

Reporter: Abel Josafat

Editor: Hatta Muarabagja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here