How to Improve Your English Skills

0
12
(Sumber: Notices in English – Lecturer of Machines)

Sobat Warta tentunya tidak asing dengan bahasa Inggris, bukan? Bahasa ini merupakan bahasa universal yang dipelajari dan dipraktekkan kebanyakan masyarakat untuk saling berkomunikasi lintas negara. Nah, akan tetapi, apakah Sobat Warta sudah menguasai bahasa global yang satu ini? 

Mengutip dari etsglobal.org: “Although English is not the most spoken language in the world, it is the official language in 53 countries and is spoken as a first language by around 400 million people worldwide. It gives you an open door to the world and helps you communicate with global citizens.”

Dalam artian, kemampuan bahasa Inggris seseorang dapat membuka peluang seseorang secara global. Dari bahasa Inggris, Sobat Warta bisa memperluas komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang dari berbagai negara. 

Lantas, bagaimana cara efektif dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris kita? Bagaimana caranya supaya Sobat Warta bisa berbahasa Inggris seperti seorang profesional / native?

Berikut Warta Kema telah merangkum solusi terbaik untuk melakukannya!

  1. Expand Your Vocabulary 

Pertama, tentunya dengan memperluas kosakata. Dengan memperluas kosakata, Sobat Warta bisa berkomunikasi dengan mudah. Seperti halnya seorang bayi belajar bahasa ibu. Seorang bayi tentunya belum bisa berbicara dengan lancar, namun semakin besar, kemampuannya semakin berkembang. Dari lingkungan keluarganya, mereka mulai mengucapkan kata-kata baru. Berawal hanya “Mama” dan “Papa”, lama kelamaan mereka bisa berbicara dengan lancar. Sama halnya dengan orang dewasa mempelajari bahasa baru. Dimulai dari memperluas kosakata. 

Bagaimana cara memperluas kosakata?

  • Menonton Film Dengan Subtitle 
df8a13fe17f64bf9cfd54db6d42486fa
(Sumber: pinterest)

Ini merupakan cara paling mudah dan menyenangkan untuk mempelajari kosakata baru. Sobat Warta bisa memulainya dengan menonton film barat dengan subtitle berbahasa Inggris. Dari sini, Sobat Warta pasti mulai penasaran jika muncul kosakata yang terdengar asing, kemudian secara otomatis Sobat Warta akan mencari arti dari kata tersebut. Seiring berjalannya waktu, Sobat Warta bisa mulai membiasakan untuk tidak menggunakan subtitle bagi film berbahasa Inggris. Hal tersebut menandakan bahwa Sobat Warta sudah semakin memahami bahasa Inggris.

Selain itu, menonton film menggunakan subtitle juga dapat melatih reading skills kita ‘lho! Penggunaan subtitle menyebabkan Sobat Warta membaca lebih cepat, karena mengikuti pergerakan dialog film. Dengan begini, Sobat Warta bisa meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris.

  • Mendengarkan Lagu dengan Artikulasi yang Jelas 
44914
(Sumber: pinterest)

Untuk mempermudah expand vocabulary, Sobat Warta bisa mendengarkan lagu barat yang berartikulasi jelas. Dimulai dari mendengarkannya tanpa melihat lirik. Dari sini, Sobat Warta mampu menyisihkan kosakata yang sudah tidak asing dengan yang masih terdengar asing, kemudian sama seperti saat menonton film, Sobat Warta bisa mencari makna atau arti dari kata tersebut. 

Mendengarkan lagu tanpa membaca lirik juga bisa meningkatkan kemampuan listening kita ‘lho! 

  • Membaca Novel atau Karya Sastra Berbahasa Inggris
46917c39a884f1debef1f4e2b1b3c485
(sumber: Dok. Pribadi)

Buku adalah jendela ilmu. Dalam hal ini, buku juga merupakan cara terampuh untuk memperluas kosakata. Sobat Warta bisa memperoleh buku impor di toko buku atau perpustakaan terdekat. Melalui novel atau karya sastra, Sobat Warta pasti akan menemukan kosakata baru yang masih terlihat asing. Sedikit tips dari Warta Kema, untuk memaksimalkan inisiatif memperluas kosakata, sobat warta dapat mencatat kosakata baru tersebut dalam catatan khusus, atau memberikan coretan / tanda pada buku yang dibaca, tentunya selama buku itu adalah milik Sobat Warta pribadi.

Selain menambah kosakata, membaca buku juga sekaligus melatih kemampuan reading Sobat Warta. Untuk online reading / e-book, Sobat Warta bisa mengunjungi web https://z-lib.org/ untuk mendapat banyak bacaan bahasa Inggris yang menunjang tujuan kita.

  1. Practice

Memasuki tahap berikutnya, di sini Sobat Warta disarankan untuk melatih kemampuan bahasa Inggris Sobat Warta dengan cara mempraktekkannya, baik kemampuan speaking, reading, maupun listening. Mungkin terdengar sepele, namun latihan merupakan poin penting yang membantu menunjang skills kita untuk mahir berbahasa Inggris. Memang, dalam mempelajari bahasa baru, kita tidak hanya bisa terus berkutat pada buku dan ilmu secara khusus saja, perlu adanya penerapan secara langsung agar menjadi sebuah ‘pembiasaan’! Berikut merupakan tips yang dapat kamu lakukan;

  • Bicara di Depan Cermin
2732136598
(Sumber: https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/)

Meskipun berbicara di depan cermin sama saja dengan berbicara dengan diri sendiri, sehingga tidak ada pihak lawan yang bisa memberikan feedback pada kita, namun berbicara di depan cermin melatih kepercayaan diri. Selain itu, mengutip salah satu artikel hellosehat.com, dikatakan bahwa berbicara sendiri bermanfaat untuk mental health ‘lho, Sobat Warta! Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan menunjukan mereka yang sering berbicara pada dirinya sendiri sebelum melakukan presentasi / rapat cenderung lebih jarang mengalami kecemasan, disisi lain pun berlatih bicara dengan diri sendiri di depan cermin juga membantu diri kita untuk lebih peka, yang kemudian dapat membuat kita mampu mengevaluasi diri sendiri. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui ya, sobat warta!

  • Ajak Temanmu Berbicara dengan Bahasa Inggris
how-to-start-a-conversation
(Sumber: EF English Life)

Untuk melatih kepercayaan diri, Sobat Warta juga harus berani melakukannya di depan umum. Tidak perlu bicara di depan khalayak ramai, cukup bicara empat mata dengan teman dekat dulu, atau bisa juga dengan berdiskusi via chat menggunakan bahasa Inggris. Berdiskusi via pesan juga bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris Sobat Warta, ‘lho! Apalagi jika diskusinya cukup panjang, hal tersebut terhitung sebagai latihan reading dan writing. 

  • Menulis Karya atau Jurnal Berbahasa Inggris
(Sumber: Medium)

Nah, yang dimaksud karya, bukan berarti Sobat Warta harus menulis novel atau puisi dalam bahasa Inggris. Karya di sini bisa berbentuk apa saja; kutipan, jurnal, diari yang berisi curahan hati Sobat Warta, dan banyak lagi. Melalui karya, meskipun disimpan sendiri, Sobat Warta bisa melakukan introspeksi. Dengan seringnya menulis karya dalam bahasa Inggris, baik itu berbentuk diari atau karya sastra, Sobat Warta tanpa sadar juga telah melatih kemampuan writing alias menulis ‘loh!

Demikian beberapa tips & trick yang Warta Kema rekomendasikan untuk Sobat Warta. Jangan lupa untuk sering berlatih, karena “practice makes better”. Juga, jangan berkecil hati jika belum lancar, karena semua orang punya waktunya masing-masing dalam berproses!  

Semangat meng-upgrade kemampuan bahasamu, Sobat Warta!

Penulis: Adinda Rianita Putri

Editor: Malika Ade Arintya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here