Komisioner Prama Unpad Sepi Pendaftar, Bawas: Tidak Ada Hubungannya dengan Polemik Tahun Lalu

0
14
(instagram.com/pramaunpad)

Warta Kema – Masa perpanjangan rekrutmen Komisioner Badan Penyelenggara (BP) dan Badan Pengawas (Bawas) Prama Unpad 2021 telah berjalan selama nyaris dua bulan. Namun, melihat akun instagram resmi Prama, hingga saat ini belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai hasil proses rekrutmen imbas dari minimnya pendaftar.

Melihat hal ini, Warta Kema mencoba menghubungi Narahubung Prama, Switcha Pramuda. Menurutnya, minimnya pendaftar komisioner BP dan Bawas Prama tahun ini disebabkan kondisi perkuliahan online.

“Kalau yang saya tahu sih, kebanyakan orang-orang sudah diajak daftar tapi tidak mau. Alasannya karena lagi online begini. Jadi tidak ada hubungannya dengan polemik Prama tahun lalu,” klaim Switcha ketika dihubungi melalui pesan singkat

Menurutnya, pihak Prama Unpad  telah melakukan sejumlah upaya untuk menarik pendaftar, salah satunya dengan meminta bantuan BPM Kema Unpad untuk menyebarluaskan informasi rekrutmen ke BPM Fakultas agar selanjutnya dapat disebarluaskan kembali kepada Kema Unpad.

Lebih lanjut, ia mengatakan pihak Prama akan terus melakukan koordinasi dengan BPM Kema Unpad dan pihak terkait lainnya untuk menentukan langkah selanjutnya apabila sampai batas waktu yang ditentukan jumlah pendaftar masih kurang dari minimum jumlah BP dan Bawas Prama.

“Kami masih berkoordinasi dengan pihak BPM dan pihak lainnya agar minimum anggota BP dan Bawas segera terpenuhi. Mungkin secepatnya akan ada kabar terbaru,” jelasnya.

Tentang Prama Unpad

Prama Unpad sendiri adalah Pemilihan Raya Mahasiswa untuk memilih pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEM Kema Unpad, BPM Kema Unpad, serta MWA WM. Prama Unpad setiap tahunnya melakukan rekrutmen terbuka untuk anggota komisioner yang terbagi menjadi dua, yaitu Badan Penyelenggara (BP) dan Badan Pengawas (Bawas). 

Komisioner Badan Penyelenggara (BP) bertugas mengurusi segala hal yang dibutuhkan untuk keberlangsungan Prama. Beberapa diantaranya yaitu mengurus pendaftaran bakal calon ketua dan wakil BEM Kema Unpad dan BPM Kema Unpad, menentukan timeline pemilihan, memfasilitasi kampanye paslon, hingga melakukan penghitungan suara. 

Sementara Komisioner Badan Pengawas (Bawas) akan melakukan pengawasan terhadap pemutakhiran data pemilih, syarat dan pengawasan pada tahapan kampanye, masa tenang, hari pemungutan, penghitungan, sampai dengan penetapan hasil Prama untuk memastikan tidak ada kecurangan selama proses Prama berlangsung. Aduan dugaan pelanggaran dalam proses Prama juga dapat disampaikan kepada Bawas untuk ditindaklanjuti. 

Tahun ini, rekrutmen yang telah dilakukan Prama Unpad belum memenuhi jumlah minimal komisioner Badan Penyelenggara dan Badan Pengawas sehingga rekrutmen jalur Pengisian Kekosongan Anggota (PKA) pun dilakukan.

Pengumuman rekrutmen jalur PKA digaungkan melalui akun Instagram @pramaunpad sejak 12 Juli 2021. Rekrutmen diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Karena masih belum terpenuhinya minimum jumlah anggota komisioner, pada 26 Juli 2021 rekrutmen kembali diperpanjang hingga saat ini.

Reporter : Arsya Dafa Maulana

Editor: Hatta Muarabagja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here