Rekomendasi Website Review Film Versi WK

0
82
Ilustrasi. Foto: ed

Pernah nggak kalian bingung menentukan film apa yang harus ditonton? Ragu film ini bagus atau tidak? Biasanya kita akan bertanya ke teman yang sudah menonton, namun jawabannya pun beragam tergantung pandangan mereka. Sehingga langkah yang tepat adalah mencari sumber terpercaya dalam mengulas film. Berikut kami sajikan rekomendasi platform pengulas film yang terpercaya:

  1. Cine Crib

Diciptakan pada tahun 2016, Cine Crib merupakan youtube channel yang  mengulas film setiap minggunya. Film yang diulas biasanya film yang sedang tayang di bioskop, terutama film-film Indonesia. Mereka memiliki tim untuk setiap genre yang berbeda, biasanya satu film akan diulas oleh dua orang.

Kalau kalian masih ragu untuk memutuskan mau nonton suatu film atau tidak, Cine Crib dapat dijadikan alternatif untuk pertimbangan kalian. Cine Crib termasuk salah satu reviewer yang cepat dalam mengulas film, jadi tidak perlu menunggu lama dan takut film yang di incar keburu selesai tayang di bioskop.

Selain itu, ulasan yang mereka berikan juga dinilai jujur dan objektif. Ulasan yang diberikan akan terdiri dari gambaran film secara keseluruhan, pro and contra dari film yang diulas dari berbagai sisi. Mulai dari plot, pemeran, sampai sinematografi. Namun jangan takut akan adanya spoiler, karena mereka akan memberikan peringatan jika sudah memasuki spoiler. Di akhir, mereka akan memberikan skor dari film yang mereka ulas.

  1. Indonesian Film Critics (IDFC)

Merupakan sekelompok kritikus film dan blogger yang memiliki ketertarikan dan passion dalam dunia film. Kalian dapat mengakses situs web mereka di idfilmcritics.com.

IDFC diperbarui secara rutin. Di IDFC, akan terdapat beberapa pengulas film yang asalnya dari berbagai macam sumber. Ada film critics yang merupakan kritikus film atau reporter dalam situs atau majalah film atau media nasional indonesia seperti cinemags, detikcom, flickmagazine, jakarta globe, kapanlagi. Kemudian ada film bloggers yaitu orang-orang yang suka mengulas film, baik indonesia maupun luar negri, melalui blog mereka dan memiliki pengalaman mengulas film setidaknya dua tahun. Selanjutnya ada audience review yaitu kontribusi dari siapapun yang ingin memberikan ulasan.

Selain ulasan film, terdapat pula konten lain mengenai film yang dapat diakses di IDFC seperti catatan produksi film dan hal-hal yang berhubungan dengan film lainnya.

Kelebihan dari IDFC adalah terdapat berbagai pendapat dari berbagai macam latar belakang orang. Selain itu, kalau kalian mau ikut berkontribusi dengan memberikan ulasan film yang kalian buat, kalian bisa langsung menghubungi email yang tertera pada situs web mereka.

  1. Cinemags

Kalau yang ini mungkin tidak asing lagi, Cinemags merupakan majalah dengan fokus pada film yang berasal dari Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 1999. Sekarang, Cinemags memiliki situs web yang isinya membahas berbagai macam konten yang berhubungan dengan film, mulai dari berita, artikel, sampai ulasan mengenai film. Konten yang terdapat di Cinemags berasal dari tim editorial, serta dari pembaca.

Tujuan dari adanya situs web ini, dilansir dari cinemags.co.id, adalah sebagai wadah bagi para pencinta film di Indonesia agar dapat terhubung satu sama lain.

Keunggulan dari Cinemags adalah kontennya yang sangat lengkap dan tidak terbatas hanya sekedar ulasan saja tapi terdapat konten yang berisi pengetahuan lain mengenai film yang bisa didapatkan, seperti profil tokoh yang berhubungan dengan film, tempat-tempat menarik dan unik yang pernah digunakan dalam pembuatan film,  visual effect, sampai sinematografi.

 

Penulis: Alya Salsabila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here