Area Rekreasi, Hidden Gem di Universitas Padjadjaran

0
83
Area Rekreasi merupakan fasilitas yang ada di asrama mahasiswa Kedokteran Universitas Padjadjaran. (Kredit foto: Alya Salsabiila)

Halo Unpaders! Udah berapa lama sih kamu kuliah di Universitas Padjadjaran? Sebelumnya, udah tau kan Unpad mulai dipusatkan ke Jatinangor? Mulai 1983, secara bertahap Unpad memindahkan kegiatan pendidikannya ke Jatinangor. Diawali Fakultas Pertanian, kemudian diikuti fakultas-fakultas lainnya. Pada 5 Januari 2012, gedung rektorat Unpad dipindah ke Jatinangor dan pusat kegiatan pendidikan menjadi berpusat di Jatinangor. Tak hanya fasilitas pembelajaran, ternyata ada juga fasilitas bersantai untuk mahasiswa lho!

Berdiri bersamaan dengan asrama untuk mahasiswa Kedokteran, tempat bersantai yang disebut Area Rekreasi ini telah ada sejak 2008. Tujuan utama dari Area Rekreasi ini adalah sebagai sarana refreshing atau penyegaran bagi penghuni asrama. Area Rekreasi merupakan sebuah ruangan yang terletak di lantai 1 Bale Wilasa 10. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas yang dapat digunakan untuk melepas penat dan stres akademik.

Fasilitas di Area Rekreasi terdiri dari studio musik, gym, ruang karaoke, dan tersedia juga meja pingpong. Pada 11 April lalu, Warta Kema berkesempatan untuk berbincang dengan Asep Suherman, operator Area Rekreasi. Menurut Asep, awalnya Area Rekreasi diperuntukkan bagi mahasiswa Kedokteran penghuni asrama saja. Lalu, ada perubahan kebijakan pada 2010 dari manajemen sehingga area itu dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa Unpad dengan biaya tertentu.

Untuk saat ini, penggunaan fasilitas karaoke dan studio musik akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000/jam bagi civitas akademika dan Rp40.000/jam untuk umum. Sementara itu, untuk fasilitas pingpong dikenakan biaya sebesar Rp10.000/jam. Harga ini bisa dibilang sesuai dengan kantong mahasiswa, terlebih studio musik telah menyediakan gitar, bass, drum set, dan keyboard di dalamnya, nggak perlu repot-report bawa alat musik sendiri. Meski begitu, fasilitas gym hanya dapat digunakan oleh penghuni asrama.

Ruang Karaoke merupakan salah satu fasilitas yang ada di Area Rekreasi. (Kredit foto: Faqihah Muharroroh)

Area Rekreasi buka setiap Senin – Jumat pukul 08.00-17.00 WIB dan pukul 08.00 – 12.00 WIB setiap akhir pekan. Asep juga mengatakan, Area Rekreasi biasanya ramai oleh pengunjung pada pukul 10.00 – 16.00 WIB. Di antara fasilitas lain, fasilitas karaoke merupakan yang paling sering digunakan.

Menurut Ajeng dan Sekar, mahasiswi Hubungan Internasional, mereka biasanya datang ke Area Rekreasi untuk menggunakan fasilitas karaoke. Mereka juga merasa cukup puas dengan adanya fasilitas ini karena dapat melepas penat perkuliahan dengan  harga yang relatif murah serta jarak yang tidak terlalu jauh.

Namun, mereka juga menyayangkan fasilitas Area Rekreasi ini masih belum cukup dikenal oleh mahasiswa Unpad yang bukan penghuni asrama. Sekar yang merupakan penghuni asrama bidik misi di tahun pertama,  mengetahui Area Rekreasi dari penjelasan sekilas mengenai fasilitas asrama. Sedangkan Ajeng mengetahui informasi fasilitas ini dari cerita teman-temannya di jurusan.

Hal itu disadari juga oleh Asep. Maka dari itu,  ke depannya ia berharap area ini dapat semakin dikenal oleh warga Unpad. Asep juga berpesan agar seluruh mahasiswa pengguna fasilitas ini dapat tetap menjaga kebersihan. Selain itu, ketertiban seperti menjaga ketenangan dan volume suara juga harus ditaati oleh para mahasiswa yang datang.

Nah, bagaimana Unpaders? Setelah mengetahui hidden gem di atas, apakah kalian menjadi tertarik untuk datang ke Area Rekreasi? Atau, apakah kalian sudah mengetahui, namun tidak yakin untuk ke sana? Setelah ini, tentu tidak ragu lagi dong untuk mengunjungi dan bersantai di Area Rekreasi. Jangan lupa ajak teman-teman kalian ya!

Reporter          : Alya Salsabiila/Faqihah Muharroroh

Editor              : Lia Elita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here