Mudahnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat

0
76
Foto Ilustrasi. Sumber: ed

Hidup sehat itu sederhana, benarkah?

Stigma “Gaya hidup sehat itu ribet” membuat banyak orang enggan untuk melakukannya. Terlebih lagi, kesibukan pekerjaan maupun akademik menjadi alasan orang-orang untuk tidak melakukan gaya hidup yang sehat. Padahal, jika dibiarkan, gaya hidup tidak sehat akan mengembangkan penyakit kronis parah dalam diri kita.

Dikutip dari health.usnews.com, generasi muda adalah kelompok masyarakat yang rentan terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung. Diusut secara mendalam, penyakit ini biasa bersumber dari gaya hidup semena-mena yang tak begitu mengambil pusing terhadap kondisi tubuh pribadi dan segala jenis bahan makanan yang masuk ke dalamnya. Mengingat di era ini, tren makanan jenis baru bisa dengan mudahnya viral dan banyak digemari, tanpa memperhatikan kombinasi bahan makanan yang hanya akan menjadi ‘sampah’ dalam perut kita.

CNN Indonesia telah merangkum beberapa makanan yang dapat memicu penyakit jantung. Di antaranya adalah makanan yang populer dikonsumsi generasi muda, seperti ayam goreng restoran cepat saji, pizza, burger, dan variasi kopi yang menggunakan krimer, sirup, dan gula.

Keempat makanan itu memiliki kandungan kolesterol jahat dan lemak trans yang mampu membuat lemak menjadi menumpuk dalam tubuh,dan berakhir menutup arteri jantung. Mirisnya, makanan yang populer dikonsumsi ini memiliki harga jual yang mahal dibandingkan dengan makanan-makanan sehat.

Hal yang generasi muda kurang sadari adalah makanan sehat dan bermanfaat justru lebih mudah didapat, plus tidak menguras dompet karena bahan-bahan makanan yang digunakan sangatlah sederhana. Alodokter.com telah mengompilasi beberapa rekomendasi dokter gizi mengenai bahan makanan yang cocok untuk dikonsumsi setiap jam makan, yaitu:

  1. Untuk makan pagi, konsumsi sereal dengan gandum utuh dan 4 – 5 lembar roti gandum, satu pisang ukuran sedang, dan minuman rendah kalori seperti teh hijau tanpa gula.
  2. Untuk makan siang, salad buah yang terdiri dari selada, bawang bombay, jamur, tomat, satu butir telur rebus, dan keju (parut atau leleh) yang rendah lemak. Ditambah 2 – 3 lembar roti gandum dan minuman rendah kalori.
  3. Untuk makan malam, bahan makanan berprotein hewani sebanyak 50 – 70 gram, utamakan ikan, dan diproses menggunakan minyak zaitun. Ditambah sayuran pelengkap seperti brokoli dan kentang tumbuk, satu buah bit dan minuman rendah kalori.

Jika dirasa tidak memiliki waktu untuk disiplin menyiapkan lauk-pauk sehari-hari, saat ini sudah banyak katering makanan sehat yang menawarkan jasanya dengan harga yang terjangkau. Jasa katering semacam ini berusaha membuat hidup sehat terlihat asyik dengan menawarkan menu makanan clean eating yang disajikan secara menggiurkan, menggunakan bahan-bahan yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh.

Hidup sehat tidaklah perlu dibuat sulit. Hanya dengan makan makanan bergizi yang dianjurkan dokter dan melakukan tindakan kecil dengan dampak besar. Misalnya, membiasakan diri berjalan kaki menuju destinasi yang dekat, bangun dan melakukan streching badan ketika terlalu lama duduk, rutin melakukan jogging di pagi atau sore hari, dan sering berkumpul atau berbincang bersama teman agar pikiran tetap segar, tentunya dalam ranah yang positif ya!

Reporter: Malika Ade Arintya

Editor: Hayfa Rosyadah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here