Bagaimana PTN BH di Kampusmu?

0
305
Ilustrasi. Sumber: timeshighereducation.com

Bagaimana PTN BH di Kampusmu?

Ariel Azka – Kesejahteraan Sosial
FlSIP UI 2015

Dari segi fasilitas akademik, UI sudah baik dan memadai. Misalnya dari sistem UKT dilakukan penggolongan sesuai penghasilan orang tua dan ada kategori-kategorinya. Pihak universitas juga terbuka untuk diskusi dengan mahasiswa misalnya waktu mahasiswa protes terkait kenaikan UKT, rektorat bersedia untuk berdiskusi dengan mahasiswa. Lalu untuk kemudahan pengajuan proposal nggak lebih susah, tapi nggak lebih mudah juga. Tergantung skala kegiatan dan waktu pengajuan proposal, kalau proposal diajukan terlalu dekat dengan hari H ya sulit.

Untuk beberapa kegiatan bahkan perizinannya bisa selesai dalam satu minggu. Dan untuk pendanaan kegiatan sistem dari fakultas biasanya reimbursement, jadi pakai uang sendiri dulu baru diganti oleh pihak fakultas sesuai dengan jumlah anggaran yang disetujui untuk periode kepengurusan terkait. Kalau dari fasilitas belajar alhamdulillah lengkap cuman terkadang ada kelas yang cukup sempit karena mahasiswanya terlalu banyak, tapi nggak masalah sih nyaman-nyaman aja.

Namun untuk fasilitas umumnya, UI mungkin harus nambahin jumlah lampu penerangan jalan soalnya kan takut ada apa-apa sama sivitas UI. Beberapa jalan emang masih agak terlalu gelap. Selebihnya sudah baik, trotoar juga sudah mulai direnovasi jadi lebih enak buat lari atau jalan sekarang.


 

Alfath Bagus Panuntun El Nur Presiden Mahasiswa UGM 2017
Departemen Politik dan Pemerintahan, ISIPOL 2013

Kalau PTN BH di UGM dampak paling dirasakan ya di masalah pembiayaan. Namun kita tidak bisa serta-merta membandingkan UGM sebelum dan sesudah menjadi PTN BH. Karena sebelum menjadi PTN BH, UGM merupakan Badan Hukum Milik Negara (BHMN) yang pada prinsipnya dalam hal pengelolaan keuangan tidak jauh berbeda. Namun PTN BH dalam pengelolaannya masih harus dibenahi. Karena memang banyak hal yang tidak sesuai dengan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Terutama mengenai penyelenggaraan pendidikan yang seharusnya menjadi tanggung jawab negara mulai direduksi dengan PTN BH ini.

Pun ketika kita bicara masalah badan hukumnya sendiri, Mahkamah Konstitusi (MK) telah menafsirkan bahwa badan hukum pendidikan bukanlah badan hukum ekonomi. Selain itu, otonomi yang diberikan pun setengah hati sehingga cenderung menciptakan konflik, misalnya dalam pemilihan rektor.

Dari segi fasilitas memang dengan PTN BH jadi ada pembangunan gedung-gedung baru karena adanya kesempatan perusahaan masuk ke lingkungan kampus. Kalau pelayanan akademik tidak berbeda secara signifikan. Untuk yang berkaitan dengan UKT masih banyak persoalan. Meskipun beberapa Surat Keputusan (SK) terkait penurunan, penyesuaian, penundaan UKT telah diterbitkan (pasca aksi masa 2 Mei tahun lalu), namun implementasinya masih banyak persoalan dan ini berbeda di tiap fakultas.


 

Muhammad Bayu PratamaTeknik Geodesi dan Geomatika
FITB ITB 2014

PTN BH di ITB menghasilkan banyak perubahan yang melibatan banyak variabel, mulai dari pemerintah pusat, daerah, hingga pihak universitas. Perubahan ini memunculkan kebijakan-kebijakan yang menyebabkan ITB menjadi lebih mandiri dari segi pendanaan dan adanya pihak sponsor yang banyak masuk ke ITB, walaupun pihak ITB tetap bersikap selektif. Lalu ITB memiliki badan hukum sendiri, adanya penarikan UKT, serta akselerasi dan akreditasi dari setiap jurusan, dan lain-lain.

ITB juga melakukan beberapa perubahan dalam pembangunan fasilitasnya. Untuk permasalahan UKT memang ada pengajuan keringanan dan dalam keberjalannnya pun, jika ada kondisi yang benar-benar memaksa akan diberikan keringanan. Pihak rektorat jarang mengikutkan mahasiswanya dalam perundingan perubahan kebijakan, namun rektorat terbuka untuk berdiskusi dengan mahasiswa. Secara keseluruhan, PTN BH baik untuk perkembangan universitas tersebut. Namun memang ada tantangan untuk bagaimana universitas tersebut mampu berkembang secara mandiri.

Reporter: Nadya Safira
Editor: Winda Rahma/Siti Parhani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here