Mengenal Unpad Heureuy, Akun Hiburan bagi Mahasiswa Unpad

0
78

Unpad Heureuy pasti sudah tidak terdengar asing bagi mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad). Akun hiburan ini mampu membuat mahasiswa Unpad tertawa akibat meme yang diposting di Instagram @unpad.heureuy ataupun official account Line Unpad Heureuy. Namun, pernahkah kalian bertanya-tanya tentang asal-usul terbentuknya akun berisi jokes seputar Unpad ini? Mari kita mengenal Unpad Heureuy lebih dalam!

Unpad Heureuy didirikan oleh para mahasiswa baru angkatan 2017. Berawal dari grup telegram untuk mahasiswa baru asal Bandung, beberapa mahasiswa di antaranya membentuk lingkaran pertemanan yang sering berkumpul bersama. Lalu, mereka memperluas jaringan dengan membuat akun media sosial untuk memperluas pertemanan mahasiswa baru angkatan 2017.

Setelah cukup lama beroperasi, salah satu dari mereka mencetuskan ide untuk mengganti nama akun media sosial itu menjadi Unpad Heureuy. Akun ini tidak didirikan sebagai organisasi resmi yang memiliki struktur, melainkan hanya memiliki ketua dan wakil ketua dengan beberapa anggota yang menjadi admin.

“Dibentuknya Unpad Heureuy awalnya untuk berbagi konten lucu seputar kampus, yang menghibur. Saat followers akun kami sudah mencapai 5000, pendiri akun mulai membuka jasa paid promote juga,” tutur ID, salah seorang admin Unpad Heureuy. Saat ini, total admin yang bertugas adalah tujuh orang untuk memegang akun Instagram dan Line secara bergantian.

ID mengatakan, banyak suka duka yang telah dilaluinya sebagai admin Unpad Heureuy. “Dukanya sih, waktu itu Unpad Heureuy pernah berselisih dengan Official Account Unpad lain. Kalau senangnya, Unpad Heureuy sudah dikenal banyak orang,” ungkapnya. Perekrutan admin Unpad Heureuy bersifat tertutup. “Tidak hanya angkatan 2017 saja, ada juga admin yang diterima dari angkatan 2018. Biasanya diangkat karena mereka banyak kirim meme ke Unpad Heureuy.”

Admin Unpad Heureuy biasa mendapat ide untuk konten dari hal yang sedang banyak dibicarakan oleh mahasiswa. Selain itu, ada juga yang mendapat ide dari anime. “Dulu ada jadwal khusus untuk posting di akun Unpad Heureuy, yaitu satu kali sehari. Kalau sudah ada admin yang posting sesuatu, admin lain harus nge-post besoknya. Sekarang upload meme kalau lagi ada bahan saja,” katanya.

Menurut ID, Unpad Heureuy tidak menetapkan banyak ketentuan untuk konten diunggah di media sosial. “Pokoknya harus nyambung sama kehidupan perkuliahan, kalau bisa sih yang berhubungan sama Unpad, baik itu Unpad di Jatinangor maupun di Dipati Ukur. Kadang agak abstrak sih. Kalau gak berhubungan gak akan di-upload,” jelasnya.

Berbagai respon pernah didapatkan Unpad Heureuy, baik respon positif maupun negatif. Pada awal didirikannya, banyak respon negatif yang diperoleh. Menurut beberapa mahasiswa, konten akun Unpad Heureuy terlalu dipaksakan sehingga terkesan mengganggu. Namun setelah beberapa lama, akun ini akhirnya mendapat banyak respon positif.

Akun Unpad Heureuy saat ini sudah banyak dikenal, baik oleh mahasiswa Unpad maupun mahasiswa di luar Unpad. Banyak juga yang membicarakan Unpad Heureuy di Twitter, padahal saat itu Unpad Heureuy belum melebarkan jaringannya ke media sosial twitter. Ke depannya, Unpad Heureuy memiliki rencana untuk membuat merchandise.

 

 

Reporter         : Naura Salsabila/Malika Ade

Editor              : Lia Elita

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here